Dishub DIY operasikan 25 armada baru "Transjogja"

id Dishub DIY operasikan 25 armada baru Transjogja

Dishub DIY operasikan 25 armada baru "Transjogja"

Bus "Transjogja" dengan wajah baru yang siap menggantikan bus lama yang sudah tidak layak jalan. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatrika Daerah Istimewa Yogyakarta siap meluncurkan sebanyak 25 unit armada baru bus "Transjogja" yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

"Bantuan 25 unit bus senilai Rp15,375 miliar tersebut akan menggantikan bus Transjogja lama yang sudah tidak layak operasi," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sigit Haryana, Rabu.

Menurut dia, sejak dioperasikan pada 2008, sarana transportasi publik Transjogja masih dianggap sebagai salah satu moda transportasi angkutan umum yang diandalkan masyarakat hingga saat ini.

"Pengoperasian 25 unit bus Transjogja baru ini akan kami lakukan pada 27 Mei 2016," katanya.

Ia mengatakan, bus Transjogja yang baru ini sudah berubah wajah dari armada sebelumnya, jika sebelumnya bus didominasi warna kuning dan hijau, maka bus baru ini didominasi warna biru.

"Selain itu, bus yang memiliki kapasitas penumpang 41 orang ini juga memiliki fitur baru berupa `e-money` dan tiket elektronik yang bisa diisi ulang di halte portable maupun permanen," katanya.

Sigit mengatakan, bus baru ini juga dilengkapi suara otomatis yang akan memberitahukan penumpang akan pemberhentian selanjutnya.

"Penggantian armada bus ini sebagai upaya mewujudkan sarana transportasi publik dengan standar pelayanan yang jelas dan lebih baik. Upaya ini sekaligus mndorong masyarakat untuk lebih menggunakan moda transportasi umum," katanya.

Ia mengatakan, untuk bus Transjogja yang lama akan dikembalikan kepada PT Jogja Tugu Trans (JTT) selaku operator bus lama.

"Bagi bus yang baru ini kami juga meminta adanya peran kontrol dari masyarakat selama bus baru beroperasi. Ini penting untuk menjaga kualitas standar pelayanan kepada masyarakat," katanya.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024