Gunung Kidul tunggu instruksi pencairan dana Golkar

id Dana golkar

Gunung Kidul tunggu instruksi pencairan dana Golkar

Partai Golkar (Foto Istimewa) (istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menunggu instruksi dari pusat terkait pencairan dana Partai Golkar.

Kepala Kesbangpol Gunung Kidul Wahyu Nugroho di Gunung Kidul, Selasa, mengungkapkan hingga saat ini pihaknya belum bisa mencairkan dana partai Golkar yang bersumber dari APBD Gunung Kidul.

"Sampai saat ini, kami belum menerima salinan SK Kementerian Hukum dan HAM terkait Partai Golkar. Kami masih menunggu surat sebagai dasar pencairan dana parpol," katanya.

Ia mengatakan alokasi anggaran ke Partai Golkar untuk 2015 sebesar Rp153.154.000 sudah dikembalikan ke kas daerah. Pihaknya belum tahu apakah dana parpol akan digabung 2015 dan 2016 atau tidak.

"Kami masih menunggu Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) terkait pencairan dana parpol," kata dia.

Wahyu mengatakan pada 2016, ada sembilan parpol yang berhak mendapatkan bantuan belum mencairkan dana parpol, namun masih menunggu audit masing-masing parpol. Besaran dana parpol setiap tahunnya masih sama tergantung jumlah kursi yang dimiliki parpol.

"Dana parpol sama dan saat ini sudah ada di kas daerah," katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Golkar Gunung Kidul Heri Nugroho mengungkapkan pihaknyanya seharusnya bisa mencairkan dana parpol setelah adanya kebijakan KemkumHAM untuk pengurusan Agung Laksono dan mengembalikan ke hasil Munas Riau dengan Ketua Umum Aburizal Bakrie.

"Seharusnya Golkar bisa mendapatkan bantuan, tidak ada alasan lagi menunda pemberian dana parpol," katanya.

Ia mengatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mendapatkan dana parpol termasuk yang tahun lalu.

"Dana ini merupakan hak setiap partai yang memiliki kursi, kami akan berusaha," katanya.

(KR-STR)