Mendikbud minta masyarakat tingkatkan kepedulian terhadap anak

id anak

Mendikbud minta masyarakat tingkatkan kepedulian terhadap anak

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan

Yogyakarta (Antara Jogja) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan meminta masyarakat meningkatkan rasa kepedulian terhadap kondisi serta aktivitas anak-anak di lingkungannya untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan terhadap anak.

"Masyarakat, khususnya orang dewasa harus memiliki kepedulian dan tanggung jawab terhadap anak-anak di lingkungannya," kata Menteri Anies di Gedung DPRD DIY, Kamis.

Menurut Anies, maraknya kasus kekerasan terhadap anak akhir-akhir ini tidak lepas dari rendahnya kepedulian masyarakat terhadap anak di lingkungannya. "Jangan sampai masyarakat baru berduka dan saling menyalahkan ketika ada kasus terjadi," kata dia.

Ia mengatakan, golongan masyarakat yang lebih dewasa seharusnya mampu menjadi seorang kakak yang memiliki tanggung jawab terhadap anak-anak di lingkungannya sebagaimana terhadap adiknya sendiri.

"Orang dewasa harus melihat anak-anak sebangsa sebagai adik sendiri, Kalau mereka berada di tempat berisiko maka sapalah, jika ada gerombolan yang kira-kira bisa membahayakan anak maka harus dilaporkan, jangan diam saja," kata dia.

Menurut Anies agar pengawasan terhadap anak-anak di tingkat daerah dapat berjalan efektif, maka seperti halnya di sekolah, masyarakat juga perlu membentuk gugus pencegahan kekerasan yang terdiri atas tokoh masyarakat, ahli psikologi dan tokoh pendidikan.

Anies mengatakan kasus kekerasan yang marak diberitakan di media massa sebetulnya hanya ujung dari proses panjang yang terjadi pada diri pelaku. Dengan demikian, justru yang diperlukan adalah upaya deteksi sebelum terjadi sebuah masalah.

"Kasus yang ada di media massa sebetulnya adalah ujung. Sebetulnya prosesnya bertahap, sehingga seharusnya bisa dilakukan pencegahan lebih awal sebelum betul-betul menjadi masalah," kata Anies.

(L007)