Disbudpar Gunung Kidul targetkan 200 ribu wisatawan

id gunungkidul

Disbudpar Gunung Kidul targetkan 200 ribu wisatawan

Icon Gunung Kidul Handayani (Foto Antara)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan kunjungan wisata saat libur pada Kamis 5 Mei hingga Minggu 8 Mei mencapai 200 ribu wisatawan.

Kabid Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan pihaknya menargetkan 200 ribu wisatawan, untuk destinasi wisata yang ditarik retribusi sebanyak 160 ribu wisatawan dengan target pemasukan sebanyak Rp900 juta hingga Rp1 miliar.

"Tergetnya 200 ribu kunjungan wisatawan selama empat hari libur dengan puncak kunjungan pada Sabtu (7/5)," ucapnya.

Hary mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi lainnya untuk pengamanan objek wisata. "Kami sudah berkoordinasi dengan Dishubkominfo, Satpol PP dan kepolisian untuk mengatur lalu lintas selama libur panjang," ujarnya.

Ia mengatakan dengan melihat kunjungan wisatawan pihaknya optimistis bisa tercapai target Rp22 miliar pada 2016. Pendapatan tersebut berasal dari objek wisata yang ditarik retribusi dan ditunjang beberaa objek lain.

"Kami terus intensifkan PAD, terutama Gua Pindul dan lainnya, kebocoran retribusi juga kami tekan," kata dia.

Kawasan wisata pantai masih menjadi penyumbang terbanyak kunjungan wisatawan. Lalu objek wisata lainnya seperti Gua Pindul, Sri Getuk dan objek wisata lainnya. "Pantai masih menjadi objek wisata andalan," tuturnya.

Ia mengatakan untuk memaksimalkan pelayanan kepada wisatawan, pihaknya menambah personiel, baik untuk penjaga retribusi maupun petugas kebersihan.

Selama empat hari libur akan ada beberapa atraksi kesenian di sejumlah objek wisata. Di antaranya di Pantai Sundak, dan pada Sabtu akan ada festival reog dan jathilan di `rest area`, Bunder, Playen. "Kami akan di dukung dari bidang kebudayaan," imbuhnya.

KR-STR