Libur akhir pekan Sleman targetkan 50.000 wiisatawan

id Target kunjungan wisata

Libur akhir pekan Sleman targetkan 50.000 wiisatawan

Desa Wisata Tembi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto dijogja.wordpress.com) (dijogja.wordpress.com)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan kunjungan wisatawan pada libur panjang akhir pekan mulai Kamis (5/4) hingga Minggu (8/4) mencapai lebih dari 50 ribu orang.

"Libur panjang akhir pekan ini, destinasi wisata di Sleman kami perkirakan akan dibanjiri wisatawan dari dalam dan luar negeri," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Selasa.

Menurut dia, target tersebut didasarkan pada libur panjang akhir pekan saat Paskah bulan lalu.

"Kunjungan wisata saat libur paskah tahun ini sejumlah 74.199?wisatawan. Mereka terdiri dari 72.851 wisatawan nusantara dan 1.348 wisatawan manca," katanya.

Ia mengatakan, destinasi wisata yang paling banyak diminati di Sleman yakni Kaliurang, Lava Tour Merapi, Monumen Jogja Kembali, Museum Gunungapi Merapi, Candi Prambanan dan sejumlah objek lain.

"Jelang libur panjang akhir pekan, objek wisata tersebut sudah siap menyambut pengunjung dengan berbagai paket wisata menarik," katanya.

Ayu mengatakan, keberadaan destinasi wisata di Sleman kini semakin beraneka ragam dengan kehadiran Sindu Kusuma Edupark, Agrowisata Bumi Merapi dan Jogja Bay.

"Selain itu, desa wisata juga siap menerima tamu dengan tawaran berbagai kegiatan dan paket atraksi masing-masing. Biasanya kegiatan wisata di desa wisata melibatkan para pengunjung supaya aktif. Di sana juga tawaran tinggal di homestay," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan wisata di Sleman masih tetap diminati oleh masyarakat meski kini destinasi wisata di DIY semakin bervariasi. Bahkan Disbudpar Kabupaten Sleman tidak khawatir dengan keberadaan destinasi wisata di kabupaten tetangga seperti yang ada di Gunung Kidul yang semakin menggeliat.

"Kami tidak perlu khawatir, karena destinasi wisata di Sleman biasanya dijadikan satu paket dengan yang ada di Gunung Kidul. Apalagi wisata Candi Prambanan, Kaliurang dan Merapi seolah sudah menjadi wisata wajib bagi para wisatawan," katanya.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024