17 grup bersaing dalam festival ketoprak Sleman

id kethoprak

17 grup bersaing dalam festival ketoprak Sleman

Ilustrasi (Foto antarafoto.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Sebanyak 17 grup ketoprak perwakilan dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berkompetisi dalam festival ketoprak dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 100.

"Festival seni budaya ketoprak ini akan dilaksanakan di Lapangan Sendangadi, Mlati 26 April hingga 4 Mei 2016," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, Rabu.

Menurut dia, maksud diadakannya festival ketoprak tersebut adalah sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah Kabupaten Sleman terhadap kelestarian kehidupan seni teater tradisional (ketoprak).

"Kami ingin menggugah kembali semangat kebersamaan dalam rangka beraktifitas dan kreativitas dalam bingkai kompetisi di kalangan seniman seniwati ketoprak dan sekaligus dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 100," katanya.

Ia mengatakan, untuk tujuan festival ketoprak ini adalah untuk melestarikan seni tradisi lokal serta menumbuhkan apresiasi seni masyarakat luas terhadap seni ketoprak.

"Ajang ini diharapkan menjadi media beraktivitas dan peningkatan kualitas seniman ketoprak guna mempertahankan eksistensi jati diri seniman ketoprak sebagai salah satu akar budaya seni kerakyatan," katanya.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bahwa festival ketoprak merupakan media untuk mengapresiasi dan memberi ruang bagi para pelaku kesenian ketoprak di Kabupaten Sleman untuk dapat berekspresi dan berkreasi.

"Selain itu juga sebagai media bagi para seniman ketoprak se Kabupaten Sleman untuk dapat mempererat jalinan silatrurahmi, sebagai ajang untuk bertukar pengalaman dan ilmu sehingga dapat meningkatkan kualitas seniman ketoprak di Kabupaten Sleman," katanya.

Sri Purnomo berharap kegiatan ini dapat menambah khasanah dalam bidang pariwisata di Kabupaten Sleman guna mendukung Kabupaten Sleman sebagai daerah tujuan wisata sehingga dapat menarik animo wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Sleman.***4***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024