Universitas Proklamasi-Kulon Progo kembangkan energi terbarukan

id kulon progo

Universitas Proklamasi-Kulon Progo kembangkan energi terbarukan

Kabupaten Kulon Progo (Foto Istimewa)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengembangkan tata kelola kawasan perdesaan terutama energi baru terbarukan untuk menunjang program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Asisten Wakil Rektor III Bidang Pengembangan dan Kerja sama Universitas Proklamasi (UP) 45 Yogyakarta Syamsudin di Kulon Progo, Rabu, mengatakan Universitas Proklamasi 45 berkomitmen mendorong pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

"Kami ingin menjalin kerja sama dengan Pemkab Kulon Progo untuk mengembangkan tata kelola kawasan perdesaan khususnya pada energi baru terbarukan," kata Syamsudin.

Rencananya, kata dia, UP 45 Yogyakarta bersama Bupati Kulon Progo segera membuat nota kesepahaman.

Syamsudin memuji program "Bela Beli Kulon Progo" dan mengajak untuk menggelorakan semangat tersebut di tingkat nasional.

Peneliti UP 45 Yogyakarta Syamsul Ma`arif menyampaikan kini UP sedang mengembangkan energi baru terbarukan, antara lain mengembangkan alat untuk mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak dan membuat biomassa dari limbah kering sehingga dapat menghemat pemakaian BBM.

"Selain teknologi, kendala untuk memasyarakatkan kadang terhalang faktor sosial pada pemahaman masyarakat. Penemuan harus bisa diterapkan dan dimanfaatkan oleh masyarakt," kata Arif.

Wakil Bupati Kulon Progo Sutedjo menyambut baik adanya kerja sama ini, karena untuk membangun masyarakat Kulon Progo dibutuhkan kerja sama dengan siapa saja.

"Kami butuh kerja sama dengan siapa saja untuk membangun Kulon Progo," kata dia.

Ia memuji UP 45 Yogyakarta yang dari dulu menjaga komitmen tinggi terhadap nilai kebangsaan di tengah masyarakat dan terjaganya NKRI.

"Kami berharap kerja sama ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata dia. ***1***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024