Menteri Bumn resmikan Spirit Pariwisata "Joglosemar"

id joglosemar

Menteri Bumn resmikan Spirit Pariwisata "Joglosemar"

Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X menabuh alat musik tradisional Tmbaur sebagai tanda peresmian "Spirit Joglosemar" sinergi 12 BUMN di Panggung Tertutup Trimurti, Kompleks Candi Prambanan. (Foto Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman (Antara Jogja) - Menteri BUMN Rini Soemarno didampingi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X meresmikan "Spirit Joglosemar" yang merupakan sinergi 12 BUMN untuk meningkatkan pariwisata di Yogyakarta, Solo dan Semarang, Rabu.

Peresmian yang berlangsung di Panggung Tertutup Trimurti Kompleks Candi Prambanan tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

Dalam kesempatan tersebut Rini Soemarmo dan Sri Sultan HB X secara langsung menyaksikan penandatanganan kerjasama 12 BUMN yang sepakat bersinergi untuk mendukung peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Yogyakarta, Solo dan Semarang.

"Segitiga emas pariwisata Joglosemar ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menarik wisatawan ke Indonesia," kata Rini Soemarno.

Ia mengatakan, adanya sinergi transportasi penghubung tiga kawasan ini mampu mempengaruhi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke destinasi wisata di Yogyakarta, Solo dan Semarang.

"Kami berterimakasih kepada Pemda DIY dan Jawa Tengah yang bersedia bekerja sama dengan BUMN untuk terwujudnya `spirit Joglosemar` ini," katanya.

Rini mengatakan, DIY dan Jateng memiliki destinasi wisata kelas dunia seperti Borobudur, Prambanan dan wisata pantai di Gunungkidul.

"Target kunjungan wisatawan ke Borobudur bisa naik 10 kali lipat dalam tiga tahun ke depan, atau mencapai dua juta wisatawan," katanya.

Sri Sultan HB X mengatakan, diharapkan agar ke-12 BUMN dan Pemda DIY serta Jawa Tengah tidak menganggap kerja sama ini sebagai sebuah persaingan, tetapi sebuah sinergi untuk membangun kerja sama dengan memaksimalkan kemampuan masing-masing.

"Kami sangat mengapresiasi dan mendukung kerja sama ini," katanya.

BUMN yang turut dalam kerja sama Spirit Joglosemar meliputi PT Garuda Indonesia, PT Angkasa Pura, PT Kereta Api, PT Pelindo, PT Perhutani, Indonesia Natour, Perum Damri, Aerowisata, PTP IX, Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko serta PT Citilink.
V001
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024