Tiket kereta arus balik lebaran ludes

id tiket

Tiket kereta arus balik lebaran ludes

Ilustrasi (Foto Antara/Agus Priyanto/doc)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Tiket kereta api arus balik Lebaran 2016 dari Yogyakarta menuju berbagai kota besar khususnya Jakarta untuk keberangkatan H+1 hingga H+4 Lebaran atau 8-11 Juli 2016 habis terjual.

"Sudah habis terjual. Tiket yang terjual adalah tiket kereta reguler," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Eko Budianto di Yogyakarta, Selasa.

Namun demikian, ketersediaan tiket untuk arus balik Lebaran menuju kota lain seperti Bandung dan Surabaya masih tersedia cukup banyak. Hanya saja, tiket kereta reguler untuk keberangkatan H+3 dan H+4 menuju Bandung tersisa sedikit.

Menurut dia, warga yang berencana melakukan perjalanan dari Yogyakarta bertepatan dengan arus balik Lebaran perlu segera mengatur rencana perjalanan dan melakukan pembelian tiket.

Ia menambahkan, pembelian tiket kereta api kini sudah dapat dilakukan secara mudah melalui online atau aplikasi telepon selular sehingga bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

"Pembelian tiket bisa diakses 24 jam sehari. Pemesanan tiket dilayani sejak pukul 00.00 WIB. Pelayanan pembelian tiket sudah sangat mudah. Warga diimbau tidak perlu mengantre ke stasiun hanya untuk membeli tiket," katanya.

Meskipun tiket untuk arus balik dari Yogyakarta ke Jakarta sudah ludes terjual, namun tiket dari Yogyakarta menuju berbagai daerah untuk keberangkatan sebelum Lebaran masih tersedia cukup banyak.

Eko kembali mengingatkan agar calon penumpang agar tetap memperhatikan kesesuaian nama penumpang yang akan berangkat dengan nama penumpang yang tercetak di tiket.

"Petugas di pintu `boarding` akan selalu mengecek kesesuaian nama penumpang dengan nama di tiket. Jika tidak sesuai, maka penumpang tidak bisa diberangkatkan," katanya.

Sementara itu, untuk kereta tambahan Lebaran, Eko memastikan akan ada, namun hingga kini belum diputuskan jumlah dan armadanya. "Pasti ada. Biasanya, ketersediaan kereta tambahan Lebaran baru diputuskan satu bulan menjelang masa Angkutan Lebaran," katanya.

Sebelumnya, Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Hendy Helmi mengatakan, persiapan angkutan Lebaran sudah mulai dilakukan di antaranya perbaikan jalur kereta dan perbaikan armada.

"Semuanya diperbaiki agar selama masa Angkutan Lebaran sudah tidak ada armada yang harus diperbaiki. Kami bisa fokus pada pelayanan penumpang," katanya.
(E013)
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024