Buruh Yogyakarta jalan sehat peringati "May Day"

id Buruh Yogyakarta jalan sehat peringati May Day

Buruh Yogyakarta jalan sehat peringati "May Day"

ilustrasi-Demo peringatan hari buruh di Yogyakarta (Foto Antara/Regina)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta akan menggelar kegiatan jalan sehat yang diikuti sekitar 1.500 buruh untuk memperingati "May Day" atau Hari Buruh Internasional.

"Tepat pada 1 Mei, kami akan menggelar kegiatan yang bisa diikuti buruh. Kegiatan utamanya adalah jalan sehat dan ada banyak kegiatan pendukung lainnya," kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Hadi Muchtar di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, kegiatan jalan sehat yang dipusatkan di Kompleks Balai Kota Yogyakarta tersebut akan memberikan nilai manfaat yang jauh lebih bisa dinikmati buruh dibanding kegiatan lain yang biasanya digelar saat May Day yaitu unjuk rasa.

Rute yang akan dilalui ribuan buruh saat jalan sehat adalah Kompleks Balai Kota Yogyakarta, melalui Jalan Ipda Tut Harsono, Jalan Melati Wetan, menuju Stadion Mandala Krida, Jalan Kenari dan kembali finish di Balai Kota Yogyakarta.

"Jarak yang ditempuh kira-kira 3,5 kilometer. Harapannya, buruh bisa menikmati kegiatan ini karena ada banyak `door prize` yang akan dibagikan," katanya.

Sementara itu, Bendahara DPC Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Purwo Haryanto mengatakan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta.

"Kami berharap, kegiatan ini dapat semakin menyatukan pelaku hubungan kerja untuk saling bersinergi dan berbaur," katanya.

Menurut dia, harmonisnya hubungan antara pekerja, pelaku usaha dan pemerintah secara tidak langsung akan memberikan dampak pada peningkatan produktivitas kerja.

"Kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh pekerja, bukan hanya pekerja yang tergabung dalam serikat kerja saja," katanya.

Pendaftaran kegiatan tersebut dapat dilayani di kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta paling lambat dua pekan sebelum kegiatan berlangsung.

"Pekerja bisa mendaftar sendiri atau kolektif melalui serikat pekerja yang ada di perusahaan," kata Kepala Seksi Hubungan Industrial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Bob Renaldi.

(E013)



Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024