DIY jamin tidak akan ada soal bocor

id UN

DIY jamin tidak akan ada soal bocor

Ilustrasi soal ujian nasional (UN) untuk SMA dan yang sederajat (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Jogja (Antara) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin tidak akan ada kebocoran soal dalam pelaksanaan ujian nasional, baik berbasis komputer maupun berbasis kertas yang akan diselenggarakan mulai 4 April 2016.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya kami yakin tidak bocor, sangat kecil kemungkinan ada soal bocor di DIY," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY Kadarmanta Baskara Aji di Yogyakarta, Jumat.

Menurut Aji untuk mengantisipasi kebocoran, naskah ujian nasional berbasis komputer (UNBK) baru dimasukkan ke server komputer masing-masing sekolah dua hari sebelum pelaksanaan ujian dan "password" untuk membuka soal, baru diberikan kepada siswa saat hari pelaksanaan ujian.

"Ada ribuan soal dalam server, setiap mereka login atau masuk dalam `software` ujian, maka soal akan selalu ke luar berbeda," kata dia.

Sementara untuk naskah UN berbasis kertas (PBT) prosedur pengawalan dan penjagaan naskah, kata Aji, tetap dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya dengan melibatkan kepolisian setempat.

Naskah cetak soal UN tingkat SMA/SMK yang pada Kamis (31/3) telah tiba dan disimpan di gudang Disdikpora DIY di kawasan GOR Amongrogo telah disegel dan dijaga ketat oleh kepolisian selama 24 jam.

"Pendistribusian soal ke masing-masing kelompok kerja kabupaten/kota pada Sabtu (2/4) juga akan dikawal kepolisian sektor setempat, sehingga dipastikam aman," paparnya.

Saat pelaksanaan UN PBT maupun UNBK, proses pengerjaan soal akan diawasi oleh guru dari sekolah yang berbeda. "Kami lakukan model pengawasan silang antarsekolah," ucapnya.

Meski UN tidak menentukan kelulusan, ia berharap siswa tetap mengerjakan secara serius karena nilai akan menentukan saat pendaftaran ke perguruan tinggi.

Sokolah peserta UN 2016 di DIY terdiri atas 179 SMA/MA, 209 SMK dan 416 SMP/MTs. Sementara yang terdata mengikuti UNBK 181 sekolah terdiri atas 18 SMP/MTs, 44 SMA/MA, dan 119 SMK.

Ujian nasional untuk tingkat SMA/MA/SMA-LB akan dimulai pada 4 sampai 6 April 2016. Sedangkan untuk peserta ujian SMK atau UNBK akan berlangsung dari tanggal 4 sampai 7 April 2016. Adapun untuk tingkat SMP dan sederajat dilaksanakan pada 9-10 Mei 2016.

(L007)