Mentan imbau petani bergerak cepat dalam panen

id mentan

Mentan imbau petani bergerak cepat dalam panen

Andi Amran Sulaiman (Foto antaranews.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengimbau petani di Dusun Candisingo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, bergerak cepat dalam proses panen.

"Proses panen harus dilakukan dengan cepat, untuk selanjutnya melakukan penanaman kembali sehingga diharapkan produksi pertanian dapat lebih meningkat," kata Andi Amran saat panen raya di Dusun Candisingo, Prambanan, Rabu.

Andi juga menginstruksikan petani menambah alat pertanian untuk mendukung proses pertanian di wilayah Madurejo, Prambanan.

"Kami akan tambah satu mesin combine harvester, lima hand tractor, serta satu transplanter untuk mempermudah para petani dalam menggarap lahannya, sehingga diharapkan nantinya hasil pertanian dapat semakin optimal," katanya.

Perwakilan Kelompok Tani "Sedyo Rukun" Candisingo Tuwuh mengatakan bahwa kurangnya pompa air terkadang menjadi kendala pertanian di wilayahnya.

"Kami hanya memiliki satu pompa air yang digunakan untuk 29 hektare areal pertanian, pompa itupun hasil swadaya masyarakat dan selama ini kami mengambil airnya dari Sungai Opak," katanya.

Menanggapi keluhan warga tersebut Andi Amran memerintahkan pada instansi terkait untuk memenuhi permintaan warga perihal pompa air.

"Saya sudah instruksikan kepada dinas terkait untuk menambah lima pompa air lagi," katanya.***3***

(V001)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024