Disbudpar Sleman menggelar seni ogoh-ogoh

id Seni ogoh-ogoh

Disbudpar Sleman menggelar seni ogoh-ogoh

"Ogoh-ogoh" di Bali (Foto bali.antaranews.com) (bali.antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menggelar seni ogoh-ogoh "Fantasi Flora Fauna Hutan Salimar" untuk menyemarakkan Hari Jadi Ke-100 Kabupaten Sleman pada 8 Maret 2016.

"Kirab ogoh-ogoh ini akan diikuti 20 komunitas yang dimulai pada pukul 13.00 WIB dari kompleks Pasar Kutu Tegal Sinduadi Mlati menuju Jalan AM Sangaji sepanjang 1,5 kilometer," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, di Sleman, Senin.

Menurut dia, penyelenggaraan gelar seni ogoh-ogoh yang kedua kalinya tersebut untuk menyemarakkan Hari Jadi Ke-100 Kabupaten Sleman dan memberikan suguhan kegiatan budaya kepada wisatawan yang berkunjung ke DIY khususnya Sleman.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi daya tarik yang bisa ditawarkan kepada para tamu hotel oleh agen perjalanan yang membawa tamu ke DIY maupun masyarakat umum," katanya.

Ia mengatakan,selain melakukan kirab di jalur selokan Mataram dan Jalan AM Sangaji, semua peserta kirab melakukan displai di simpang empat Jalan Baru UGM.

"Adapun penampilan kirab ogoh ogoh tersebut diikuti 20 komunitas yang terdiri atas 15 komunitas masyarakat dan lima komunitas tematik," katanya.

Ayu mengatakan, ke 15 komunitas masyarakat tersebut yaitu dari Margoagung Seyegan, Sumbersari Moyudan, Sanggar Sakura Mlati, Glagaharjo Cangkringan, Umbulmartani Ngemplak, Wonokerto Turi, Hargobinangun Pakem, Purwobinangun Pakem, Ambarketawang Gamping, Donokerto Turi, Blendangan Berbah.

"Serta lima ogoh ogoh ritual bertemakan `Sedulur papat limo pancer`. Di antara ogoh-ogoh flora fauna yang ditampilkan diantaranya meliputi Hutan Bambu, Salak, Rusa, Ganesha, Kuda, Lembu, Raksasa, Kera, Lembu Sura, Sapi," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024