Bantul tambah gardu pandang Kebun Buah Mangunan

id kebun buah mangunan

Bantul tambah gardu pandang Kebun Buah Mangunan

Objek wisata Kebun Buah Mangunan Imogiri, Bantul (istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menambah gardu pandang di Kebun Buah Mangunan Kecamatan Dlingo, guna mendukung pengembangan kawasan wisata perbukitan tersebut.

"Rencananya tahun ini ditambah gardu pandang, ini sebagai salah satu upaya untuk memanjakan para pengunjung Kebun Buah Mangunan," kata Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul, Partogi Dame Pakpahan di Bantul, Jumat.

Menurut dia, penambahan gardu pandang di kawasan Kebun Buah Mangunan sangat dibutuhkan, sebab selama ini mayoritas pengunjung kebun buah menjadikan gardu pandang yang ada di kawasan itu sebagai salah satu tujuan utamanya.

Ia mengatakan, selain bisa menikmati pemandangan panorama alam, di gardu pandang para pengunjung juga dapat melakukan swafoto dengan latar belakang pegunungan dan bentangan Sungai Oyo.

"Gardu pandang yang baru akan berada di sisi barat gardu pandang lama, di gardu pandang ini, nantinya para pengunjung kebun buah juga dapat menikmati keindahan pegunungan dan bentangan Sungai Oyo," katanya.

Ia mengatakan, bahkan untuk lebih menjadi daya tarik pengunjung, salah satu akses menuju gardu pandang baru ini akan didesain lebih menantang dengan jalan setapak atau hanya dilalui dengan jalan kaki.

"Dengan menapaki jalan berliku-liku pengunjung yang muda-muda dapat menikmati pemandangan alam sambil berolahraga," katanya.

Selain gardu pandang, pihaknya juga berencana memperbaiki sekaligus menambah sejumlah fasilitas penunjang di Kebun Buah Mangunan, di antaranya perbaikan akses jalan dari tempat pemungutan retribusi menuju gardu puncak salah satunya.

"Rencananya (perbaikan akses jalan) tahun ini juga. Pembangunan sarana MCK (mandi, cuci, kakus) dan pembuatan sumur dalam juga tahun ini," katanya.

Sementara itu, terkait dengan penataan beragam tanaman di Kebun Buah Mangunan, pihaknya akan menggandeng sejumlah lembaga kajian untuk merancang optimalisasi keberadan ribuan tanaman buah-buahan di kebun buah.

"Kami yakin, dalam waktu kurang lebih tiga tahun ke depan Kebun Buah Mangunan tidak hanya dikunjungi karena pemandangan alamnya, melainkan juga buah-buahan, pasti akan mengikuti," katanya.***1***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024