Gubernur DIY minta kepolisian tingkatkan pengamanan

id sultan

Gubernur DIY minta kepolisian tingkatkan pengamanan

Sri Sultan HB X (Foto Antara/dok)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X meminta aparat kepolisian meningkatkan pengamanan publik menyusul peristiwa ledakan bom di beberapa titik di Jakarta Pusat.

"Saya berharap aparat keamanan bisa menjaga keamanan publik," kata Sultan di Kompleks Kepatihan di Yogyakarta, Kamis.

Dia berharap peristiwa serupa atau kekerasan dalam berbagai bentuk lainnya tidak lagi terulang.

"Saya terkejut dan prihatin. Semoga ini sekali dan terakhir, jangan terulang karena publik kasihan," kata dia.

Sultan mengatakan cara-cara kekerasan yang digunakan oleh oknum tertentu lebih banyak merugikan masyarakat awam sehingga sebaiknya segera ditinggalkan.

"Masyarakat yang tidak tahu menahu yang jadi korban. Jangan lagi digunakan," kata dia.

Dalam merespons peristiwa ledakan bom di Jakarta tersebut, Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta meningkatkan intensitas keamanan khususnya di seluruh objek vital serta pusat-pusat keramaian di daerah setempat.

"Sebetulnya sejak Operasi Lilin Desember lalu kami sudah memperketat keamanan, menyusul peristiwa di Jakarta itu maka intensitasnya akan lebihlag ditingkatkan," kata Kabid Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti.

Selain di objek-objek vital seperti Bandar Udara Adisutjipto, Stasiun Tugu, Terminal Giwanangan, serta Terminal Jombor, menurut Anny, pengamanan ketat juga dilakukan di Markas Polda DIY serta polres di seluruh kabupaten. ***2***

(L007)