Bantul siapkan kesenian jathilan sambut tahun baru

id jathilan

Bantul siapkan kesenian jathilan sambut tahun baru

Kesenian Jatilan (Foto ANTARA)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyiapkan sejumlah kesenian jathilan untuk dipentaskan di beberapa objek wisata pada penghujung tahun 2015 guna menyambut tahun baru 2016.

"Mengakhiri tahun 2015 dan menyambut tahun baru 2016, kami akan menggelar pentas kesenian jathilan di tujuh destinasi wisata andalan di daerah ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Bambang Legowo di Bantul, Rabu.

Menurut dia, pementasan kesenian jathilan atau sebuah tarian tradisional Jawa yang menampilkan sekelompok prajurit dengan kuda-kudaan bertujuan untuk memeriahkan suasana di kawasan wisata, mengingat akan dipadati ribuan pengunjung.

Ia mengatakan, beberapa objek wisata andalan di Bantul yang akan ditampilkan jathilan di antaranya kawasan Pantai Gading Mas (Samas), Pantai Baru Pandansimo, Pantai Kuwaru, Pantai Gua Cemara, Pantai Depok dan Pantai Parangtritis.

"Kemudian juga di kawasan wisata Gua Selarong, kelompok jathilan maupun cerita yang tampil di setiap objek wisata berbeda. Seluruh agenda pementasan akan dilaksanakan pada Kamis, 31 Desember 2015 mulai pukul 13.00 WIB," katanya.

Pihaknya berharap, dengan adanya kesenian jathilan yang sudah jadi tradisi masyarakat Jawa dapat menghibur wisatawan, dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan merayakan libur akhir tahun 2015 di Bantul.

Sementara itu, Bambang mengatakan, target pendapatan asli daerah (PAD) dari penarikan retribusi pengunjung dari semua objek wisata di daerah ini selama 2015 sebesar Rp10,5 miliar, namun sampai awal Desember sudah terealisasi sebesar Rp9,7 miliar.

Namun demikian, pihaknya memprediksi pada bulan terakhir ini hampir semua obyek wisata akan dipadati pengunjung, sebab merupakan libur sekolah berbarengan dengan libur panjang Maulid Nabi dan Natal di akhir pekan serta libur Tahun Baru.

"Untuk mencapai target PAD pariwisata, kami masih kurang sekitar Rp1 miliar kurang, akan tetapi biasanya di bulan Desember pendapatannya bisa lebih dari satu miliar, sehingga mudah-mudahan bisa capai target," katanya. ***1***

(KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024