Pengajar Sleman juara karya tulis terbaik nasional

id guru sleman terbaik

Pengajar Sleman juara karya tulis terbaik nasional

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Jakarta, (Antara Jogja) - Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Minggir, Sleman (Yogyakarta), Jaka Sutikna berhasil menjadi juara nasional lomba karya tulis ilmiah yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bertajuk Simposium Guru dan Tenaga Kependidikan 2015.

"Karya tulis saya menjadi finalis 10 karya tulis terbaik nasional, mengenai penerapan metode Iqro dalam pembelajaran kelas seni musik," ujar Jaka saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan, karya tulis yang berjudul "Implementasi Metode 'Iqro' Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Praktik Musik" tersebut berhasil menyisihkan 3.366 karya tulis lainnya melalui sejumlah proses seleksi ketat.

Pada tahap presentasi akhir di Istora Senayan, Jakarta, Senin (23/11) itu, sejumlah juri dari lembaga pendidikan tinggi pun dilibatkan seperti dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) hingga Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).

"Itu pertama kalinya saya presentasi di lomba sebesar itu, agak kaget juga karena ditonton oleh perwakilan guru-guru dari seluruh Indonesia," ujarnya menjelaskan.

Sehubungan dengan topik karya tulisnya tersebut, Jaka memaparkan bahwa metode yang diajarkan mampu mempermudah siswa dalam memahami dan mengingat tangga nada atau not dalam bermusik.

Menurut dia, ada persamaan karakter antara huruf arab dan notasi musik, serta sejumlah kesamaan lainnya.

"Yaitu tentang durasinya, intonasi, frekuensi, dan ekspresi. Berawal dari situ kemudian saya coba buat untuk dipraktekan dengan bermain alat musik," tuturnya menceritakan.

Lebih lanjut, pria yang telah lebih dari 20 tahun bergelut di bidang pendidikan tersebut berharap dapat menjadi sebuah inovasi dalam pengajaran seni musik.

Dia tidak menampik bahwa pengajaran seni musik kepada siswa di sekolah bukanlah perkara mudah, karena mereka dituntut untuk mengingat dan mempraktekan sebuah nada yang mungkin sulit dipahami.

"Karya tulis ini memang dibuat untuk itu, guru harus punya inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.***4***

(R029)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024