GLZoo datangkan pelikan putih besar dari Afrika

id Glzoo datangkan pelikan putih besar dari Afrika

GLZoo datangkan pelikan putih besar dari Afrika

koleksi burung pelikan GL Zoo (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Manajemen Objek wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta telah mendatangkan koleksi satwa baru berupa tiga burung pelikan jenis "great white" atau pelikan putih besar dari Afrika Utara.

"Tiga pasang "great white pelican" yang kami datangkan dari Afrika Utara tiba kemarin (Selasa) siang," kata Direktur Utama kebun binatang Gembira Loka Zoo (GLZoo), KMT A. Tirtodiprojo di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Tirtodiprojo, setelah tiba dari Afrika tiga pasang burung pelikan besar berbulu putih kemerah-merahan (Pelecanus onocrotalus) itu untuk sementara dikarantina.

Meski demikian, para pengunjung GL Zoo sudah dapat menyaksikan koleksi baru tersebut. "Pengunjung sudah dapat melihat karena burung pelikan itu dikandangkan atau didisplay di tempat terbuka di Barat bangunan Mayang Tirta," kata dia.

Ia mengatakan, sebelumnya manajemen GL Zoo memesan empat pasang "great white pelican", namun untuk sementara yang datang baru tiga pasang. Ia berharap satu pasang lainnya segera menyusul.

Menurut Joko, dengan didatangkannya pelikan jenis baru tersebut, diharapkan GLZoo yang juga memiliki fungsi konservasi, mampu menambah variasi koleksi burung pelikan nasional.

"Kalau di Indonesia selama ini baru ada pelikan warna hitam putih saja," kata dia.

Menurut dia, saat ini koleksi pelikan di GLZoo hanya ada dua ekor. Seluruhnya merupakan jenis pelikan Australia (Palecanus conspicillatus) yang menjadi bagian dari penghuni "Bird Park" yang kini memiliki 348 ekor dari 64 jenis burung.

Sementara itu Kepala Bidang Perawatan Satwa GL Zoo, Miftah Nur Khasan mengatakan setelah tiga pasang burung pelikan itu tiba, pihaknya langsung melaporkannya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta.

"Langsung kami laporkan untuk nantinya segera didata surat-surat resminya," kata Miftah.

(T.L007)