Sultan dorong percepatan penganekaragaman pangan lokal

id Sultan dorong percepatan penganekaragaman pangan lokal

Sultan dorong percepatan penganekaragaman pangan lokal

Sri Sultan HB X (Foto Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan HB X mendorong percepatan program penganekaragaman pangan berbasis pangan lokal sebagai bagian dari upaya peningkatan ketahanan dan kedaulatan pangan.

"Kegiatan untuk ketahanan pangan hendaknya terus ditingkatkan, misalnya dengan mendorong desa mandiri pangan dan penganekaragaman pangan berbasis pangan lokal," katanya usai peresmian gudang cadangan pangan di Kabupaten Bantul, Rabu.

Menurut Sultan, dalam kerangka itulah Pemerintah DIY telah menerapkan program aksi penganekaragaman pangan lokal untuk penguatan kedaulatan pangan, mengingat secara global sekitar 80 persen total asupan energi diperoleh hanya dari 12 jenis.

"Delapan di antaranya berasal dari jenis serealia seperti jagung, padi, tebu, sorgum dan gandum. Sementara empat lainnya berjenis umbi-umbian seperti singkong, kentang, ubi jalar," kata Sultan.

Gubernur mengatakan, guna mendorong percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis pangan lokal, telah ditetapkan Perpres Nomor 22 Tahun 2009 dan Permentan Nomor 23 Tahun 2009, sedangkan di DIY berupa Pergub 88 Tahun 2012.

"Dengan ditetapkan rangkaian peraturan tersebut diharapkan dapat mendorong penyediaan dan permintaan aneka ragam pangan  nusantara berbasis sumber daya lokal di setiap daerah," kata Sultan.

Oleh sebab itu, Sultan mendukung dan menyambut baik pembangunan gudang cadangan pangan sebagai Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) di wilayah Bantul dari Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Ketahanan Pangan.

"LDPM ini berfungsi menyediakan cadangan pangan di tingkat gapoktan atau desa sekaligus stabilisasi harga pangan, sehingga gapoktan penerima dana bantuan diharapkan dapat memanfaatkan dengan sebaik-baiknya," katanya.

(T.KR-HRI)