Desa Wisata Banjaroya gelar Festival Kuliner 2015

id kuliner

Desa Wisata Banjaroya gelar Festival Kuliner 2015

ilustrasi (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pengelola Desa Wisata Banjaroya, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyelenggarakan Festival Kuliner Banjaroya 2015 pada Sabtu hingga Minggu (21-22/11).

Koordinator Desa Wisata Banjaroya Rokhmadu Inuhayi di Kulon Progo, Senin, mengatakan lokasi festival kuliner di Rest Area Pasar Bendo, Banjaroya, Kecamatan Kalibawang.

"Festival Kuliner Banjaroya merupakan kegiatan tahunan yang secara umum bertujuan untuk promosi produk-produk lokal sebagai perwujudan program bela beli Kulon Progo, termasuk produk-produk pariwisata," kata Rokhmadu.

Ia mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu memberikan dampak yang lebih besar, khususnya dalam meningkatkan kreativitas warga serta kesadaran akan produk-produk lokal yang bila ditangani denga serius akan menjadi produk unggulan yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

"Festival Kuliner Banjaroya didukung penuh oleh Dinas Pariwisata DIY dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kulon Progo dan Pemerintah Desa Banjaroya," katanya.

Dia mengatakan acara ini membagi peserta dalam dua kategori yaitu kategori lokal dengan kategori umum. Untuk kategori lokal pesertanya adalah warga desa Banjaroya baik kelompok maupun perorangan dengan jenis lomba adalah memasak berbahan baku durian dan memasak berbahan baku ubi ungu.

Lebih lanjut, ia mengatakan, kategori umum, peserta bebas baik kelompok maupun perorangan dengan jenis masakan yang dilombakan adalah memasak berbahan baku durian dan memasak berbahan baku pisang.

"Setiap kelompok maksimal terdiri dari dua anggota. Dewan juri yang akan menilai terdiri dari perwakilan praktisi, akademisi dan kedinasan," katanya.

Anggota Fraksi PAN DPRD Kulon Progo Muhtarom Asrori mendukung kegiatan Festival Kuliner di Desa Wisata Banjaroya.

Menurut dia, kuliner merupakan salah satu pendukung pengembangan wisata. Untuk itu, desa wisata yang selalu menyuguhkan paket wisata harus memiliki kuliner yang menjadi daya tarik wisatawan.

"Kuliner lokal harus ditonjolkan dalam pengembangan desa wisata. Selain mendongkrak ekonomi masyaramat, kuliner juga dapat mengangkat makanan khas masyarakat," katanya.

KR-STR
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024