GLZOO upayakan seluruh kandang satwa memenuhi standar

id GLZoo

GLZOO upayakan seluruh kandang satwa memenuhi standar

Pengunjung GL Zoo (Foto Antara/Yoga Pradeva/ags/15)

Jogja (Antara Jogja) - Pengelola Objek Wisata Gembira Loka Zoo Yogyakarta berkomitmen terus membenahi kualitas layanan dengan mengupayakan seluruh kandang dapat memenuhi standar guna mendorong kesempurnaan tumbuh kembang satwa.

Direktur Utama Gembira Loka Zoo (GL Zoo), KMT A. Tirtodiprojo di Yogyakarta, Sabtu, mengakui hingga kini masih cukup banyak kandang satwa GL Zoo yang membutuhkan pembenahan karena belum memenuhi standar. Dari seluruh kandang yang ada, tercatat baru 30 persen yang memanuhi standar.

"Membenahi kandang bukan perkara mudah. Kami lakukan pembenahan bertahap. Butuh lima tahun agar semuanya sesuai standar," kata dia.

Selain di GL Zoo, menurut dia, kebun binatang di Indonesia lainnya rata-rata baru sebatas memelihara binatang dan belum sampai pada tahap kelayakan hidup. "Masih sebatas memelihara saja. Belum sampai tahap layak hidup seperti untuk berekspresi, kemudian kelayakan setelah beranak pinak dan seterusnya," kata dia.

Oleh sebab itu, menurut dia, dalam momentum ulang tahun GL Zoo ke 62, selain membenahi kandang, manajemen GL Zoo akan berupaya menyempurnakan fasilitas umum untuk pengunjung serta pelayanan pengunjung sejak datang hingga meninggalkan kebun binatang di Kota Yogyakarta itu.

Kendati demikian, menurut dia, dalam usianya yang ke-62 itu, perkembangan GL Zoo dinilai cukup signifikan, terutama dari sisi jumlah kunjungan. Pada periode 2013-2014, jumlah pengunjung GL Zoo melonjak cukup tajam dari 1,5 juta menjadi 1,8 juta orang.

"Tahun ini jumlah pengunjung juga mengalami kenaikan. Memang kenaikan tahun ini tidak signifikan karena hanya satu persen saja. Tapi kami masih tetap bersukur karena capaian itu sesuai harapan kami," kata Trirtodiprojo.

(L007)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024