Relokasi warga Giriloyo terancam longsor ditargetkan 2015

id Relokasi warga Giriloyo terancam longsor ditargetkan 2015

Relokasi warga Giriloyo terancam longsor ditargetkan 2015

ilustrasi (foto Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan relokasi warga Pedukuhan Giriloyo, Desa Wukirsari yang terancam terkena tanah longsor dapat direalisasikan pada tahun ini.

"Untuk pematangan lahan relokasi, sudah dianggarkan di APBD perubahan. Namun, anggarannya tidak masuk melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), tetapi di Dinas PU (Pekerjaan Umum)," kata Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto di Bantul, Minggu.

Menurut dia, relokasi bagi 25 kepala keluarga (KK) di Rukun Tetangga (RT) 05 dan RT 06 Giriloyo, Desa Wukirsari sebenarnya sudah direncana sejak awal 2015. Namun, terkendala anggaran yang belum bisa dikucurkan lewat APBD murni 2015.

Dwi mengatakan bahwa masuknya anggaran untuk relokasi merupakan kabar baik bagi BPBD Bantul, khususnya warga Giriloyo. Pasalnya, jika relokasi tidak direalisasikan pada tahun 2015, dana stimulan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan ditarik kembali.

"Di awal kami sudah memohon-mohon anggaran kepada BNPB dan diberikan sebesar Rp900 juta. Kalau tidak digunakan, malah akan ditarik kembali," kata Dwi.

Menurut dia, dana stimulan dari BNPB tersebut sebenarnya telah dikucurkan pada awal 2015 sehingga anggaran akan dimanfaatkan awal tahun ini. Namun, rencana tersebut mundur karena pemkab tidak bersedia mengeluarkan anggaran untuk pematangan lahan.

"Itu karena relokasi warga Giriloyo saat itu dipandang tidak bersifat darurat. Namun, yang penting sebelum musim hujan tahun ini warga sudah direlokasi," kata dia.

Menurut Dwi, tempat tinggal ke-25 KK warga Giriloyo tersebut rawan bahaya sebab sebagian wilayahnya berupa perbukitan rawan longsor. Selain itu, bongkahan batu besar di atas perbukitan dikhawatirkan jatuh menimpa rumah warga jika diguyur hujan deras cukup lama.

Rencananya, kata dia, mereka akan direlokasi ke tanah kas desa setempat yang terletak di Kampung Karangkulon, Desa Wukirsari, wilayah yang yang lebih aman dari bahaya dan tidak jauh dari lokasi tersebut.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024