Basarnas tingkatkan peran humas optimalkan akses masyarakat

id Basarnas tingkatkan peran humas optimalkan akses masyarakat

Yogyakarta (Antara Jogja) - Badan SAR Nasional akan meningkatkan peran bidang kehumasan di lembaga itu dalam rangka mengoptimalkan akses informasi bagi masyarakat di daerah.
"Perannya akan kami tingkatkan, karena fungsi humas sangat penting, khususnya untuk masyarakat di daera-daerah ," kata Kepala Bagian Humas Badan SAR Nasional (Basarnas), Zainul Thahar usai menutup acara Pelatihan Dokumentasi Kehumasan di Yogyakarta, Jumat.
Kemampuan sumber daya manusia (SDM) bidang kehumas di Badan SAR di daerah memang perlu terus diperbarui. Sebab , menurut dia, pada umumnya yang akan bersentuhan langsung dengan masyarakat atau korban kecelakaan adalah bidang humas.
Selain itu, penyampaian data-data mengenai upaya penyelamatan atau evakuasi korban kecelakaan yang ditanganai oleh Tim SAR juga harus dipastikan dipahami oleh masyarakat melalui humas.
"Sehingga prinsip dasar jurnalistik, sekaligus bagaimana penyampaian kepada pers harus dipastikan dikuasai," kata dia.
Dalam pelatihan kehumasan yang berlangsung mulai 27 September hingga 2 Oktober itu, antara lain dibahas mengenai aspek hukum pers, foto grafik dalam liputan SAR, media online dan komunikasi publik.
"Pelatihan yang kami berikan kami harapkan bisa diaplikasikan dengan baik oleh seluruh humas Badan SAR," kata dia.
Dalam rangka menjaga reputasi lembaga pemerintah non Kementerian itu, menurut dia, masing-masing humas di daerah juga harus menjaga hubungan baik dengan masyarakat daerah sekaligus insan pers.
"Kami berharap 86 humas Basarnas seluruh Indonesia yang telah mengikuti pelatihan ini mengerti pentingnya menjaga hubungan dengan pers dan masyarakat," kata dia.

(T.L007)