Voli - 15 negara ikuti turnamen voli pantai 2015

id voli pantai

Voli - 15 negara ikuti turnamen voli pantai 2015

ilustrasi voli pantai (Foto Antara)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Sebanyak 15 negara berencana mengikuti turnamen "Sepanjang Beach Volley Ball Asia Pacific Tournament 2015" yang di gelar di Pantai Sepanjang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 8 hingga 11 Oktober.

Ketua panitia pelaksana Sepanjang Beach Volley Ball Asia Pacific Tournament 2015, Danang Anggoro di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan sebanyak 20 pasangan putri dan 30 pasangan putra akan bertarung dari 8 hingga 11 Oktober dengan sistem pool.

Negara yang ikut di ialah Tiongkok, Jepang, Selandia Baru, Australia, Maldewa, Lebanon, Oman, India, Thailand, Hong Kong, Khazaktan, Malaysia, Singapura, Timor Leste, Indonesia dan Qatar.

"Indoneisa akan menurunkan enam tim putra-putri," ucap Danang.

Ia mengatakan adapun atlet yang akan diterjunkan dalam Sepanjang Beach Volley Ball Asia Pacific yakni empat tim yang memiliki peringkat Asia putra putri, yaitu pasangan putri Dhita Juliana dan Putu Dini Jasita Utami serta pasangan Desi Ratnasari dan Bela Riswandari, dari bagian putra ada pasangan Ade Candra Rachmawan dan Rendy Verdian Licardo serta pasangan Fahriansyah dan Muhamad Asfiya.

Dua pasangan lain adalah pasangan putra DIY yakni Dian Putra Santosa dan Gilang Ramadhan serta pasangan putri yakni Ayu Cahyaning Siam dan Yokebed Purari E.S.

"Dua pasangan DIY mendapat `wild card` untuk mengikuti turnamen sebagai pasangan tuan rumah, dan meskipun merupakan pasangan dari DIY. Kedua tim ini juga merupakan pasangan atlet yang sudah memiliki peringkat nasional juga," ujarnya.

Peserta akan mencoba lapangan turnamen dari 6 hingga 7 Oktober. Sebelum mereka bertanding memperebutkan total hadiah sebesar 40 ribu dolar AS. Indonesia sendiri mentargetkan hasil tebaik dalam turnamen ini baik dari segi bina prestasi maupun dari segi penyelenggaraan.

"Kami yakin tim dari Indonesia akan mampu berbicara banyak dalam even ini, karena atlet-atlet Indonesia memang cukup disegani dalam cabang voli pantai internasional," tutur Danang Anggoro.

Untuk Itu, Danang mengharapkan agar masyarakat Gunung Kidul khususnya dan DIY pada umumnya berbondong bondong memberikan dukungan kepada tim yang bertanding.

"Retribusi yang dibayarkan untuk menyaksikan turnamen ini seluruhnya merupakan retribusi masuk wisata ke Pantai Sepanjang, sedang untuk pertandingan sendiri kami bebaskan untuk menonton," kata dia.

Ia menambahkan, kegiatan yang diharapkan bisa menjadi even tahunan dan masuk ke seri tahunan kejuaraan "Asian Volley Ball Committee" (AVC) ini bisa juga merupakan sarana sosialisasi untuk mendapatkan bibit bibit baru dalam olahraga voli, khususnya voli pantai.

"Kami yakin masih banyak bibit bibit atlet, terutama di Gunung Kidul dan DIY yang bisa kita bina dan nantinya ikut mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional," imbuh Danang yang juga merupakan Ketua Harian Klub voli Ganevo, sekaligus ketua harian Perkumpulan Voli Pantai Yogyakarta ini.***4***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024