Mahasiswa UII ikuti YSEALI di AS

id mahasiswa uii ikuti

Mahasiswa UII ikuti YSEALI di AS

UII (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Ibrahim Malik terpilih menjadi delegasi Indonesia untuk mengikuti program Youth South East Asian Leader Initiatives di Amerika Serikat.

"Ibrahim bersama lima orang lainnya dari Indonesia akan bergabung dengan perwakilan pemuda dari sembilan negara ASEAN. Di AS mereka akan belajar mengenai kepemimpinan, akademik, dan `softskill`," kata staf humas UII Rifqi Sasmita Hadi di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, seluruh delegasi akan berdiskusi setiap hari mengenai isu-isu yang sedang berkembang di dunia seperti isu ekonomi, lingkungan, sosial, dan budaya.

Selama di AS, kata dia, Ibrahim akan tinggal di Northern Illinois University di Dekalb Chicago yang menjadi "host" program Youth South East Asian Leader Initiatives (YSEALI).

"Selain tinggal di Northern Illinois University, seluruh kontingen diagendakan untuk mengikuti serangkaian acara ke beberapa kota lain seperti Chicago, Illinois, Atlanta, Birmingham, dan Washington DC," katanya.

Ia mengatakan YSEALI merupakan program unggulan Department of State, AS, yang diprakarsai oleh Presiden Barrack Obama pada 2013, untuk mengundang perwakilan pemimpin muda ASEAN untuk mendapatkan pelatihan dan digembleng selama sebulan di AS.

"Program YSEALI bersifat `fullyfunded`, semua akomodasi perjalanan dan uang saku seluruh delegasi ditanggung oleh pihak pemerintah AS," katanya.

Menurut dia, Ibrahim Malik terpilih dalam program itu berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Jakarta. Ada serangkaian seleksi yang harus diikuti Ibrahim.

"Seleksi yang menjadi persyaratan untuk mengikuti program itu mulai dari pengisian formulir, penulisan esai, surat rekomendasi dari tokoh atau dosen hingga wawancara bahasa Inggris dengan wakil Kedubes AS di Jakarta via skype," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024