Pemkab angkat Cherrif sebagai Maskot Porda 2015

id Porda DIY 2015

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjadikan burung kacer atau cherrif sebagai maskot dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah XIII/2015.

Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kulon Progo Rohedy Goenoeng di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan cherrif adalah gambar dari burung kacer (Copsychus saularis) yang merupakan burung identitas Kabupaten Kulon Progo.

"Si cherrif digambarkan sebagai burung yang pemberani, tegas, jujur, dan adil, siap untuk menjaga keamanan wilayahnya untuk kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan Porda XIII 2015 DIY," kata Rohedy.

Rencananya, lanjut Rohedy, dalam pembukaan Porda XIII 2015 DIY akan ditampilkan tarian Gora Abhinaya, yang menggambarkan kegigihan seorang duta. Tarian ini menampilkan 1.500 penari yang terdiri dari seniman dan pelajar di Kulon Progo diiringi gamelan dan bedug raksasa.

Ia mengatakan Kabupaten Kulon Progo menjadi tuan rumah Porda DIY 2005, Kulon Progo kembali menjadi tuan rumah di even olahraga tertinggi DIY ini.

"Kulon Progo sendiri menurunkan 755 atlet dalam ajang olahrga dua tahunan ini," katanya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo berharap tidak ada pemindahkan venue pertandingan ke daerah lain denga alasan venuenya belum memadai.

Menurut dia, porda ini ada filosofi untuk membina dan mengembangkan kabupaten. Sehingga kalau ada yang kurang sempurnda sedikit janganlah dipindah venuenya.

Semakin mendekati pelaksanaan porda, beberapa proyek di lokasi pertandingan (venue) terlihat dikebut, terutama di stadion Cangkring.

Hasto mengatakan, dirinya sudah bersyukur dengan diselenggarakan 28 venue di Kulon progo dari 34 venue. Diutarakannya, enam venue yang lain memang belum memiliki tempat olahraga yang layak.

"Kami berupaya keras mengembangkan tempat venue yang belum layak. Seperti lapangan basket yang diprioritaskan untuk segera dibangun di sebelah barat Stadion Cangkring," kata Hasto.


(KR-STR)