Satpol PP membersihan ratusan alat peraga kampanye

id alat peraga kampanye

Satpol PP membersihan ratusan alat peraga kampanye

Ilustrasi, Penertiban alat peraga kampanye (Foto Mamiek/Antara)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membersihkan ratusan alat peraga kampanye dan bahan kampanye yang melanggar.

Kasi Trantib Satpol PP Gunung Kidul Djunjung Mahendro di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan tim dibagi menjadi tiga kelompok yang melakukan pembersihan di enam kecamatan.

Tim pertama menyisiri di Kecamatan Wonosari dan Playen, tim dua akan ke Paliyan dan Saptosari, dan tim ketiga akan kearah Panggang serta Purwosari.

Dalam proses pembersihan didampingi anggota dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu).

"Setiap regu ada enam personel Satpol PP dan dua anggota KPU, Panwaslu dan Panwascam," kata Djunjung.

Ia mengatakan pembersihan ini karena sudah adanya rekomendasi dari panwaslu. Pihaknya melakukan APK dan bahan kampanye yang tidak sesuai seperti  jembatan, tiang listrik serta tembok di pinggir jalan.

"Wilayah Wonosari dan Playen paling banyak poster yang tepasang di jembatan serta tiang lisrik," katanya.

Dia mengatakan hari ini pihaknya membersihkan sebanyak 729 APK dan bahan kampanye. Untuk kecamatan lainnya akan dilakukan pada pekan depan.

"Hari ini ada 729 APK dan bahan kampanye, untuk kecamatan lainnya menyusul pekan depan," katanya.

Ketua Panwaslu Gunung Kidul Buchori Ikhsan mengatakan pembersihan ini dilakukan setelah rekomendasi turun dari Panwaslu ke KPU pada Jumat lalu, KPU langsung menurunkan rekomendasi kepada Satpol PP untuk melakukan pembersihan.

"Beberapa ruas jalan umum yang memang tidak boleh ditempeli bahan kampanye kita bersihkan," katanya.

Ia mengatakan paling banyak pelanggaran paling banyak berupa bahan kampanye. Sebagian besar ditempelkan di jembatan dan tiang listrik. "Kami langsung bersihkan," katanya.

Sementara komisioner KPU Gunung Kidul Divisi Umum, Logistik, Keuangan dan Rumah Tangga, Andang Nugroho mengatakan pembersihan dilakukan menjelang masa tenang.

"Pembersihan APK akan terus dilakukan oleh Satpol PP," katanya.***2***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024