Sleman gelar festival upacara adat

id upacara adat sleman

Sleman gelar festival upacara adat

Ilustrasi, Upacara adat Saparan di Sendang Pelempoh, Daerah Istimewa Yogyakarta (Foto antarafoto.com)

Sleman, (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta akan menggelar Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya 2015 selama dua hari pada Sabtu (5/9) dan Minggu (6/9) di taman parkir Meseum Gunungapi Merapi Hargobinangun Pakem.

"Festival upacara adat ini diikuti 17 kecamatan se-Kabupaten Sleman masing-masing mengirimkan satu kontingen," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi, di Sleman, Rabu.

Menurut dia, dari 17 kontingen perwakilan kecamatan se-Kabupaten Sleman tersebut masing-masing terdiri atas minimal 50 orang.

"Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya merupakan sebuah gelar kolosal tradisi unggulan yang dilaksanakan sebagai upaya untuk menjaga eksistensi budaya lokal yang adiluhung," katanya.

Ayu mengatakan, selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk penguatan nilai-nilai tradisi dan mewariskan nilai-nilai kearifan lokal kepada masyarakat khususnya generasi muda serta sebagai wahana apresiasi yang bermakna bagi para pelaku ritual upacara adat dan tradisi budaya serta masyarakat umum.

"Melalui ajang ini diharapkan tumbuh kompetisi positif sehingga ke depan akan meningkatkan kualitas SDM pelaku ritual upacara adat dan tradisi budaya di wilayah Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan, diharapkan kegiatan tersebut sekaligus menjadi bentuk sajian pertunjukan atraksi budaya yang dapat mendukung dan menjadikan daya tarik tersendiri terhadap kepariwisataan di Kabupaten Sleman.

"Melalui event ini akan diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke wilayah Kabupaten Sleman," katanya.

Dalam festival upacara adat ini, kata dia, akan diambil lima penyaji terbaik yang akan mendapatkan tropi dan uang pembinaan masing-masing Rp6 juta, Rp5 juta, Rp4 juta, Rp3 juta dan Rp2 juta.***1***

(V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024