FPG dorong pemkab bangun jalan objek wisata

id Bukit Menoreh Kulon Progo

FPG dorong pemkab bangun jalan objek wisata

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo bersama "Forkominda" melepas burung merpati yang menandakan dibukanya obyek wisata Canting Mas di puncak Dipowono Kulon Progo (Foto Antara/Mamiek/ags/15)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta pemerintah setempat segera membangun infrastruktur jalan menuju objek wisata di Kawasan Bukit Menoreh.

Ketua FPG DPRD Kulon Progo Widiyanto di Kulon Progo, Minggu, mengatakan potensi wisata Kulon Progo tidak kalah dengan daerah lain di DIY, dan miliki ciri khas namun belum didukung infrastruktur yang memadai.

"Kulon Progo memiliki Waduk Sermo, daerah lain tidak memilikinya. Kulon Progo juga memiliki objek wisata pantai yang keindahannya tidak kalah dengan kabupaten lain. Hanya saja, tingkat penanganan dan perhatian pemerintah kabupaten belum optimal," katanya.

Ia berharap, program Bedah Menoreh yang selama ini diwacanakan pemerintah segera diikuti dengan penganggaran pembuatan jalan. Perkembangan dan pertumbuan sektor pariwisata tergantung pada kemauan pemkab dalam membangun infrastruktur jalan serta prasarana dan sarana pendukung.

Widiyanto mencontohkan objek wisata Kalibiru. Setiap libur akhir pekan, jumlah pengunjung mencapai 3.000 hingga 5.000 orang. Jumlah kunjungan wisata Kalibiru memampu mengalahkan jumlah kunjungan objek wisata lin di DIY.

"Pemkab harus segera melakukan percepatan pembangunan infrastruktur supaya industri pariwisata Kulon Progo berkembang cepat, sehinggga mampu menggerakkan perekonomian masyarakat di kawasan objek wisata," katanya.

Ia juga mengapresiasi perkembangan wisata di Kulon Progo. Masyarakat secara swadaya menjadi pelaku wisata dengan membuka objek-objek wisata baru berbasis keindahan alam, budaya dan pertanian.

"Kami mengapresiasi pelaku pariwisata berpacu membuat objek wisata baru, tapi yang perlu dipikirkan bagaimana objek wisata baru tidak memunculkan persaingan," katanya.

Anggota DPRD Fraksi PKS DPRD Kulon Progo Ajrudin Akbar mengatakan pemkab harus membangun infrastruktur jalan untuk mendongkrak kunjungan wisatawan di wilayah ini.

Selama ini, menurut dia, infrastruktur jalan menuju objek wisata masih jauh dari harapan, khususnya jalan menuju objek wisata di Kawasan Bukit Menoreh.

"Kondisi jalannya hanya satu jalur untuk satu kendaraan. Padahal, jumlah pengunjung di Kawasan Bukit Menoreh terus meningkat. Kami berharap, pemkab secara serius membangun jalan," katanya.

(KR-STR)