Mahasiswa UII ikuti program pertukaran kebudayaan ASEAN

id mahasiswa uii ikuti

Mahasiswa UII ikuti program pertukaran kebudayaan ASEAN

UII (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Sebanyak 15 mahasiswa Universitas Islam Indonesia Yogyakarta akan mengikuti program pertukaran kebudayaan bertajuk Passage to ASEAN di Thailand, Kamboja, dan Vietnam pada 10-24 Agustus 2015.

"Passage to ASEAN (P2A) merupakan program pertukaran pelajar regional yang melibatkan para pelajar dari berbagai negara ASEAN," kata Direktur Humas Universitas Islam Indonesia (UII) Karina Utami Dewi di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, inisiatif munculnya program itu dicetuskan oleh beberapa negara anggota ASEAN yang menyadari pentingnya pengenalan kebudayaan di masing-masing negara kepada para generasi mudanya.

"Untuk mengikuti program itu mahasiswa harus lolos seleksi terlebih dahulu. Kesempatan istimewa itu tidak dapat dinikmati oleh setiap mahasiswa karena untuk mengikutinya mereka harus melalui seleksi yang cukup ketat," katanya.

Salah seorang mahasiswa UII peserta program P2A Nurul Lathifah mengatakan dalam program pertukaran kebudayaan tersebut para peserta akan mengunjungi tiga negara ASEAN yakni Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

"Perjalanan ke tiga negara ASEAN tersebut merupakan bagian dari kegiatan ASEAN Journey di mana para peserta P2A bisa mengunjungi negara ASEAN mana pun dan kapan pun dengan biaya seminimal mungkin," katanya.

Untuk meminimalkan biaya, kata dia, perjalanan sebagian besar dilakukan melalui jalan darat. Di negara penerima, para peserta akan disambut oleh perwakilan Komite P2A setempat.

"Fokus P2A memang lebih ke pengenalan budaya dan pengetahuan tentang negara ASEAN yang dikunjungi. Melalui kegiatan itu kami ingin membawa kebudayaan bangsa seperti seni tari, permainan tradisional, dan busana adat agar lebih dikenal oleh negara-negara tetangga kita," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024