KPU terima pendaftaran empat calon peserta pilkada

id kpu terima pendaftaran

KPU terima pendaftaran empat calon peserta pilkada

Ketua KPU Gunung Kidul Zaenuri Ikhsan. (Foto Antara/Mamiek)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, secara resmi menerima pendaftaram empat pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati hingga batas akhir pendaftaran peserta Pemilihan Kepala Daerah 2015, Selasa 16.00 WIB.

Ketua KPU Gunung Kidul Zaenuri Ikhsan di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan sampai batas akhir terdapat empat pasangan calon bupati dan wakil bupati yang telah mendaftar meliputi pasangan jalur independen Benyamin Sudarmadi-Mustangid.

Untuk pasangan yang diusung partai politik, meliputi pasangan Djangkung Sudjarwadi-Endah Subekti Kuntariningsih yang diusung PDIP. Pasangan Badingah-Immawan Wahyudi MH diusung oleh gabungan empat parpol meliputi PAN, Golkar, Nasdem, Hanura. Kemudian, pasangan Subardi-Wahyu Purwanto diusung koalisi empat parpol meliputi Gerindra, PKS, Demokrat dan PKB.

"Ada tiga pasangan yang diusung parpol yang mendaftarkan diri dan satu calon indenpenden. Pasangan independen telah memenuhi ketentuan yakni didukung 59.602 masyarakat dari jumlah syarat minimal 7,5 persen dari jumlah penduduk Gunung Kidul 749.447 jiwa," kata Zaenuri.

Ia mengatakan tahap selanjutnya yang harus diikuti para pasangan calon cabup-cawabup dengan pemeriksaan kesehatan. Agenda ini akan berlangsung Rabu (29/7) hari ini hingga Kamis (30/7) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wonosari.

Tes kesehatan merupakan syarat wajib bakal calon bupati dan wakil bupati melanjutkan proses seleksi berikutnya.
"Jenis pemeriksaan hanya setingkat di bawah pemeriksaan calon presiden," katanya.

Ia mengatakan, nantinya jika ditemukan ada pasangan calon yang tidak lolos tes kesehatan, maka KPU akan merekomendasikan partai pengusung untuk menggantinya. "Bagi peserta yang tidak lolos tes kesehatan, kami memberikan kesempatan kepada partai pengusung untuk mengubahnya sampai 7 Agustus, dengan surat rekomendasi dari KPU," kata dia.

Seluruh tahapan, akan diumumkan calon lolos mengikuti pilkada akan diumumkan 24 Agustus.

(KR-STR)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024