Bantul usulkan pembangunan taman kota ruas Palbapang

id taman kota

Bantul usulkan pembangunan taman kota ruas Palbapang

Ilustrasi (Foto Antara)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengusulkan pembangunan taman kota di sepanjang Jalan Wachid Hasyim di wilayah Sumuran, Desa Palbapang, untuk mempercantik ruas jalan itu.

"Kami akan mengusulkan taman kota dari simpang empat Palbapang sampai simpang empat Gose seperti taman yang sudah ada di depan SMA I Bantul," kata Kepala UPT Kebersihan, Persampahan, Pertamanan dan Pemakaman Dinas PU Bantul, Surono di Bantul, Rabu.

Menurut dia, pada tahun anggaran 2015 pihaknya memang telah merampungkan pembuatan taman di depan SMA Negeri I Bantul sepanjang sekitar 200 meter di sisi barat jalan Wachid Hasyim tersebut dengan anggaran sebesar Rp50 juta.

Oleh sebab itu, kata dia, ke depan perlu dikembangkan lagi pembuatan taman di salah satu ruas jalan yang terdapat di pusat kabupaten tersebut, untuk menambah kawasan hijau dan mempercantik jalur penghubung antarkecamatan (Bantul dan Bambanglipuro) itu.

"Rencananya kami ajukan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2015, mudah-mudahan disetujui teman-teman di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), untuk anggaran kami ajukan sekitar Rp650 juta," katanya.

Menurut dia, jika anggaran tersebut disepakati lembaga legslatif dan eksekutif nantinya akan direalisasikan untuk membuat taman kota di sisi barat Jalan Wachid Hasyim sepanjang kurang lebih seribu meter.

"Mudah-mudahan (anggaran) bisa turun di perubahan, agar Bantul semakin hijau, mengingat sudah sejak gempa bumi 2006 Bantul belum mendapat penghargaan Adipura, makanya ini (taman kota) dalam rangka itu," katanya.

Menurut dia, selain memberikan dampak positif bagi Pemkab Bantul, dengan adanya taman tersebut harapannya bisa memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan maupun lingkungan yang terdapat sejumlah kantor instansi pemerintahan itu.

"Apalagi rencananya akan ada bandara di Kulon Progo, (kalau direalisasikan) jalan itu juga akan menjadi akses utama kendaraan yang datang dari Yogyakarta, makanya harus diperbaiki penampilannya," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024