Candi Prambanan tetap dipadati pengunjung

id prambanan

Candi Prambanan tetap dipadati pengunjung

Candi Prambanan (Foto antarayogya.com)

Sleman (Antara Jogja) - Pengunjung atau wisatawan yang datang ke objek wisata sejarah budaya Candi Prambanan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada bulan puasa tahun ini tidak mengalami penurunan.

"Selama puasa ini jumlah pengunjung tidak mengalami penurunan, bahkan mengalami peningkatan, terutama wisatawan dari kalangan pelajar," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Taman Wisata Candi Prambanan, Priyo Santoso, Rabu.

Menurut dia, pada hari biasa kunjungan ke Candi Prambanan berkisar antara 1.000 hingga 2.000 wisatawan. "Saat puasa ini berbarengan dengan liburan sekolah, pengunjung bisa mencapai kisaran 2.000 orang per hari," katanya.

Ia mengatakan, kunjungan wisatawan akan meningkat pada Sabtu dan Minggu. "Pada Sabtu dan Minggu jumlah wisatawan hampir mencapai 5.000 orang", katanya.

Priyo mengatakan, jumlah pengunjung akan mencapai puncaknya, ketika nantinya masuk di sepekan libur lebaran.
"Kami memperkirakan selama momen tersebut, Candi Prambanan akan dikunjungi sekitar 180 ribu orang," katanya.

Sedangkan pengelola objek wisata pendidikan Museum Gunungapi Merapi (MGM) di Pakem, Slemab juga memprediksi terjadi peningkatan jumlah wisatawan di saat lebaran. "Selama libur lebaran, per harinya kami prediksi sekitar 2.000 pengunjung. Selama libur itu, bisa lebih dari 10.000 orang," kata Kepala UPT MGM, Suharno.

Menurut dia, pada masa lebaran, MGM juga hanya libur sehari saja. Yaitu pada H-1 lebaran. Selain di hari itu, objek wisata yang ada di Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman tersebut tetap melayani pengunjung seperti biasa. "Kami tetap buka seperti biasa, dari pagi hingga pukul 15.30 WIB," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024