Bupati Sleman: masyarakt desa wisata harus kreatif

id Desa wisata

Bupati Sleman: masyarakt desa wisata harus kreatif

Desa Wisata Gamplong (Foto jogja.antaranews.com)

Sleman (Antara Jogja) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Purnomo mengatakan untuk mengembangkan desa wisata masyarakat harus memiliki kreativitas dan bisa menciptakan suasana nyaman bagi wisatawan.

"Memiliki kreativitas dan bisa menciptakan suasana nyaman bagi wisatawan merupakan dua hal ini sangat penting agar pengembangan desa wisata dapat berhasil dan berkelanjutan," kata Sri Purnomo di Sleman, Sabtu, terkait upaya meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Menurut dia, di wilayah Sleman banyak dikembangkan wisata minat khusus berupa desa wisata dan arena "outbound" yang selama ini banyak dikunjungi wisatawan baik dari lokal maupun luar daerah.

"Masyarakat harus dapat mengembangkan ide-ide kreatif. Ide-ide kreatif di bidang pariwisata harus terus digali dan diciptakan oleh masyarakat agar wisatawan tidak jenuh," katanya.

Ia mengatakan pengembangan ide kreatif ini juga diperlukan untuk menarik wisatawan yang lebih banyak lagi.

"Selain itu masyarakat agar dapat menciptakan kesan yang bagus kepada wisatawan. Salah satu yang perlu mendapatkan perhatian adalah menata dan menjaga kebersihan lingkungannya. Lingkungan yang tertata, bersih atau tidak ada sampah yang dibuang sembarangan akan menciptakan kenyamanan wisatawan," katanya.

Sri Purnomo mengatakan bila wisatawan nyaman maka mereka akan tertarik untuk berkunjung kembali dan mengajak wisatawan yang lain.

"Dengan demikian desa wisata yang dikembangkan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," katanya.

Ia juga mengingatkan para investor yang ikut mengembangkan kegiatan pariwisata di Sleman agar melibatkan masyarakat setempat.

"Masyarakat setempat harus diberdayakan dengan adanya kegiatan pariwisata sehingga tidak hanya menjadi penonton saja. Pelibatan dalam kegiatan pengembangan pariwisata ini diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan pembangunan di wilayah tersebut," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024