Arus penumpang Stasiun Tugu berubah awal Juli

id stasiun

Arus penumpang Stasiun Tugu berubah awal Juli

Stasiun Tugu Yogyakarta (Foto Antara/Rizky)

Yogyakarta (Antara Jogja) - PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta akan mengubah arus keluar masuk penumpang di Stasiun Tugu Yogyakarta mulai 7 Juli untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Selama ini arus masuk dan keluar di Stasiun Tugu bisa diakses melalui pintu masuk di sisi timur dan selatan. Namun, mulai 7 Juli, pintu di sisi timur hanya untuk `drop off` penumpang.

"Seluruh penumpang yang baru turun dari kereta akan diarahkan melalui pintu selatan untuk keluar," kata Manager Corporate Communications PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Gatut Sutiyatmoko di Yogyakarta, Kamis.

Perubahan arus penumpang tersebut dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan penumpang saat libur Lebaran karena pintu timur Stasiun Tugu yang berbatasan langsung dengan Jalan Margo Utomo selalu padat saat libur Lebaran.

Akibatnya, ada saja penumpang yang terlambat datang ke stasiun sehingga tertinggal kereta kerena harus menunggu antrean kendaraan keluar masuk stasiun.

"Perubahan ini dilakukan karena kami ingin mengutamakan penumpang yang akan berangkat," katanya.

Parkir kendaraan roda empat yang berada di sisi timur stasiun akan dipindah ke sisi selatan yang berbatasan langsung dengan Jalan Pasar Kembang. Sedangkan untuk parkir roda dua di sisi timur masih bisa dimanfaatkan.

"Di pintu masuk sisi timur sama sekali tidak diperbolehkan ada parkir kendaraan roda empat," katanya.

PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta akan menyiapkan berbagai sarana dan prasarana pendukung perubahan arus penumpang di Stasiun Tugu seperti papan penanda arah.

"Selama masa peralihan, kami juga akan mengarahkan penumpang untuk keluar melalui pintu selatan," katanya.

Sementara itu, Deputy Executive Vice President PT KAI Daerah Operasi VI Yogyakarta Andika Tri Putranto mengatakan akan berupaya menambah kapasitas ruang parkir di sisi selatan Stasiun Tugu.

"Parkir di sisi selatan akan ditata. Ada bangunan yang akan dibongkar untuk menambah kapasitas parkir. Bangunan tersebut sudah tidak dimanfaatkan lagi," katanya.

Ruang parkir di sisi selatan Stasiun Tugu memiliki kapasitas menampung sekitar 400 kendaraan roda dua dan sekitar 30 kendaraan roda empat.

Ia berharap perubahan arus penumpang di Stasiun Tugu tersebut bisa meningkatkan pelayanan penumpang dan kejadian terlambatnya penumpang akibat kepadatan kendaraan di pintu timur tidak lagi terulang. 
(E013)
13/B/S024/S024) 28-05-2015 14:11:12
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024