DIY menjamin ketersediaan ikan selama ramadhan

id ikan

DIY menjamin ketersediaan ikan selama ramadhan

Pasar Ikan (Foto Antara)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin ketersediaan ikan laut maupun air tawar untuk kebutuhan masyarakat selama Ramadhan hingga Idul Fitri 1436 H.

Kepala Bidang Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Suwarman Partosuwiryo di Yogyakarta, Rabu, mengatakan tidak akan terjadi kekurangan persediaan ikan tawar maupun ikan laut di Yogyakarta.

"Kami menjamin tidak akan terjadi kelangkaan ikan apalagi bulan Juni-Juli 2015 merupakan bulan-bulan musim ikan," kata dia.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kelompok usaha bersama (KUB) nelayan di Kabupaten Bantul, Gunung Kidul, dan Kulon Progo untuk mengantisipasi lonjakan permintaan ikan saat memasuki bulan puasa.

Kendati kerap membutuhkan pasokan ikan dari daerah lain, potensi ikan di pesisir selatan DIY cukup melimpah dengan basis penjualan ikan di Pelabuhan Sadeng, Kabupaten Gunung Kidul. Pada 2014, produksi ikan tangkap di DIY mencapai 6.997 ton.

"Di DIY belum pernah terjadi kelangkaan ikan selama bulan puasa. Meskipun permintaan melebihi persediaan kami masih bisa mengambil stok ikan dari daerah lain," kata dia.

Agar produktivitas nelayan meningkat sehingga mampu mencukupi kebutuhan ikan masyarakat, menurut dia, pihaknya telah mengimbau bagi para nelayan untuk menambah lama waktu perjalanan penangkapan ikan.

Menurut dia untuk mencukupi kebutuhan ikan di DIY tanpa bergantung pada pasokan ikan dari daerah atau negara lain, maka penangkapan ikan setidaknya dapat ditempuh dengan rata-rata enam hingga sepuluh hari. "Sehingga sekali berlayar mampu mencapai paling tidak 7,5 ton ikan," kata dia.

(L007)