Polsek Wonosari selidiki penemuan kerangka manusia

id kerangka manusia

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyelidiki penemuan kerangka manusia di dalam Gua Sorowitan Dusun Jurangasem, Mulo, oleh Mapala Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Salah seorang anggota Mapala UGM Yogyakarta Fauzi di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan dirinya bersama empat orang lainnya melakukan kegiatan susur Gua Sorowitan, pada Sabtu (23/5) sekitar 15.00 WIB.

Warga Karangwuni Sleman mengatakan dirinya terkejut milihat adanya kerangka yang diduga milik manusia tersebut pada kedalaman 30 meter.

"Tim saya berjumlah lima orang. Kami melakukan susur gua dan menemukan kerangka sekitar 30 meter," kata Fauzi.

Ia mengatakan di sekitar kerangka ditemukan jaket dan kain. Mengetahui kejadian tersebut, pihaknya lalu melakukan laporan, guna dilakukannya evakuasi tulang belulang yang sampai saat ini masih dalam penyidikan tersebut.

"Saya juga menemukan kain serta jaket," kata dia.

Petugas kepolisian langsung mendatangi lokasi dan bersama Mapala melakukan evakuasi serta melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Proses evakuasi berjalan lama karena terkendala medan.

"Evakuasi baru selesai sekitar pukul 20.30 WIB, kerangka manusia selesai diangkat," kata Fauzi.

Sementara itu, Kapolsek Wonosari AKP Riyanto mengatakan sampai saat ini petugas belum bisa mengetahui penyebab kematian korban. Selain itu pada korban tidak ditemukan identitas kecuali jaket dan kain.

"Belum diketahui penyebab kematian karena menjadi korban pembunuhan atau tewas karena terpeleset ke dalam gua," kata Riyanto.

Ia mengatakan masyarakat sekitar lokasi juga tidak ada yang mengaku kehilangan anggota keluarga. "Gua Sorowitan berbentuk vertikal, sehingga jarang ada yang memasukinya. Saat ini tulang dititipkan di RSUD, dan kami terus melakukan penyelidikan," katanya.

(KR-STR)