Rumah sakit diharapkan utamakan keselamatan pasien

id rumah sakit

Rumah sakit diharapkan utamakan keselamatan pasien

Ilustrasi (Foto antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Rumah sakit diharapkan lebih mengutamakan keselamatan pasien dibandingkan dengan hal lain, kata dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Ahmad Ahid Mudayana.

"Mutu pelayanan akan menjadi cermin bagi setiap rumah sakit dalam melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," katanya pada seminar tentang keselamatan pasien di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, jika mutu pelayanan yang dihasilkan rendah maka akan berdampak buruknya citra rumah sakit di mata publik.

"Undang-undang (UU) Rumah Sakit maupun UU Kesehatan telah mengatur hal itu, bahwa keselamatan pasien menjadi keutamaan bahkan kewajiban bagi setiap institusi penyelenggara pelayanan kesehatan," katanya.

Ia mengatakan keselamatan pasien di era BPJS Kesehatan menjadi topik yang selalu diperbincangkan akhir-akhir ini dalam bidang kesehatan.

"Hal itu tidak terlepas dari masih adanya laporan masyarakat terkait dugaan malapraktik atau perlakuan diskriminasi yang dilakukan pihak rumah sakit," katanya.

Menurut dia, terselenggaranya program BPJS Kesehatan seharusnya mampu meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang ada di rumah sakit.

"Hal itu akan berdampak positif pada terjaminnya keselamatan pasien dan tidak ada lagi perlakuan diskriminatif yang diterima oleh pasien," katanya.

Selain seminar tersebut juga diadakan penandatanganan kerja sama antara Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Farmasi, dan Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan Leiden University, Belanda.

Kerja sama yang disepakati itu terkait dengan bidang akademik dan penelitian. Kerja sama itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di UAD, dan semakin mempertegas tujuan dari UAD menuju universitas kelas dunia.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024