Disdikpora DIY yakin UN SMP tidak bocor

id UN

Disdikpora DIY yakin UN SMP tidak bocor

peserta ujian nasional (istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta meyakini tidak akan terjadi kebocoran soal ujian nasional sekolah menengah pertama yang dilaksanakan pada 4-7 Mei 2015 di daerah itu.

"Kami yakin seperti UN kemarin (SMA), juga tidak akan ada kebocoran soal," kata Kepala Bidang Perencanaan dan Standardisasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Suraya di Yogyakarta, Senin.

Menurut Suraya, pengawalan pendistribusian soal hingga pelaksanaan UN akan dilakukan sama seperti pelaksanaan UN SMA dengan tetap melibatkan aparat kepolisian dari tingkat Polda, Polres, hingga Polsek.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, dia mengatakan, pendistribusian soal UN SMP mulai dari tingkat kabupaten hingga masing-masing subrayon akan dilakukan pada 2-3 Mei 2015.

"Tidak ada pengetatan khusus, pengawalan pendistribusian soal juga wajar sama seperti pada saat pengawalan UN SMA," kata dia.

Suraya juga mengimbau kepada siswa maupun pihak sekolah agar tidak perlu khawatir serta terpengaruh oleh berbagai isu mengenai kebocoran.

"Kami hanya berharap semua bisa mengerjakan dengan tenang dan tidak terpengaruh apapun," kata dia.

Sebelumnya, Kepala Disdikpora DIY, Kadarmanta Baskara Aji memastikan tidak ditemukan kebocoran soal selama pelaksanaan SMA.

Hal itu berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan mulai dari percetakan hingga sekolah menengah atas dengan berkoordinasi bersama

seluruh dinas pendidikan kabupaten/kota di DIY.

Kebocoran soal ujian nasional (UN) tersebut, menurut Aji, hanya terdapat pada paket soal UN di regional Jakarta yang tidak berhubungan dengan paket soal di DIY.***4***

(L007)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024