Fadli Zon soal foto selfie Presiden Tiongkok

id fadli zon

Fadli Zon soal foto selfie Presiden Tiongkok

Fadli Zon (Foto antaranews.com)

Mataram (Antara Jogja) - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengaku aksi foto selfienya dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping hanya sebagai peristiwa kebetulan saja, mengingat pada saat itu sedang berlangsung penyelenggaran Konfrensi Asia Afrika yang juga dihadiri semua pemimpin dunia.

"Kejadian itu jarang-jarang terjadi. Bahkan, Xi Jinping itu orangnya oke aja saat saya minta selfie. Tetapi, mungkin di Tiongkok itu jarang terjadi, karena mungkin juga tidak ada yang pernah mengajak," kata Fadli Zon saat berada di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu.

Fadli mengatakan sebelum bertemu dan melakukan foto selfie dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping, dirinya juga berfoto selfie dengan pemimpin dunia lainnya, diantaranya Raja Abdullah dari Jordania, Presiden Vietnam Truong Tan Sang, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, dan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe.

"Begitu acara pembukaan KAA selesai, kita masuk ruangan ada banyak pimipin negara. Ada Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Xi Jinping, Sultan hassal Bolkiah, ada Jokowi. Terus saya ngobrol satu persatu diantaranya dengan raja Jordania Abdullah, katanya ingin ketemu dengan Prabowo terus saya ajak selfie dua kali, terus lanjut lagi dengan Presiden Vietnam," jelasnya.

"Kemudian, saya duduk dengan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe yang tidak lain Ketua Uni Afrika. Robert Mugabe ini usiannya sudah 90 tahun. Kemudian saya selfie juga di situ. Saya katakan kepada Robert Mugabe, kalau saya mau foto, di jawab oh ya silahkan, saya keluarkan handphone. Mungkin dia juga jarang untuk selfie," tambahnya.

Setelah itu, baru dirinya mengobrol dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping. Namun, sebelum mengbrol dengan Presiden China, dirinya sempat mengantri, karena di depan banyak presiden negara lain mengobrol dengan Xi Jinping, seperti Presiden Siera Leon.

"Saya antre karena di depan ada Presiden Sierra Leon. Saya waktu itu dengan Ketua DPR. Terus kemudian saya menyapa Presiden Xi Jinping. Orangnya cukup ramah, habis itu saya selfie dengannya. Bahkan, selfie itu rupanya yang pertama dilakukan Xi Jinping," kata Wakil Ketua DPP Gerindra ini.

Disinggung rekan media, apakah aksinya itu karena ngevans dengan Presiden Tiongkok tersebut. Fadli Zon mengatakan apa yang dilakukannya hanya kebetulan semata. Karena pada saat KAA semua pemimpin hadir.

Namun, terlepas dari itu, Fadli Zon mendorong agar hubungan Indonesia dengan China yang sudah terjalin baik selama ini agar tetap dipertahankan. Termasuk kerjasama dengan parlemen kedua negara.

"Bagaimana pun RRT ini negara besar, ekonominya terkuat di Asia. Kita harus bekerjasama dengan RRT, bahkan selama ini trading kita dengan Tiongkok cukup tinggi, sehingga sangat baik jika Indonesia bekerja sama dengan Tiongkok," katanya.

Seperti diketahui, foto selfie Presiden Tiongkok Xi Jinping dengan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bikin gempar di Tiongkok. Sebab, ini pertama kalinya Xi Jinping mau diajak selfie.

(KR-NIA)