FK UGM perkuat sistem layanan kesehatan primer

id ugm

FK UGM perkuat sistem layanan kesehatan primer

Universitas Gadjah Mada (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta memperkuat sistem layanan kesehatan primer melalui program peningkatan kompetensi dokter untuk memperbaiki status kesehatan masyarakat.

"Program peningkatan kompetensi dokter itu dilakukan selama 40 minggu," kata Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Teguh Aryandono di Yogyakarta, Kamis.

Pada peringatan Dies Natalis Ke-69 FK UGM, ia mengatakan ada 300 dokter layanan primer yang telah diberikan pelatihan, termasuk 48 dokter layanan primer di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya.

"Untuk memperkuat mutu layanan primer dan kesinambungan program tersebut, pada 2013 FK UGM membuka minat utama kedokteran keluarga pada Program Studi S-2 Ilmu Kedokteran Klinik," katanya.

Menurut dia, dengan sistem "combined degree" program pendidikan dokter spesialis dan S-2 Ilmu Kedokteran Klinik diharapkan lulusan minat utama itu hanya perlu satu tahap lagi untuk menjadi spesialis dokter layanan primer.

"Kami berupaya melakukan sejumlah pembenahan dan inovasi dalam bidang akademik seperti menerapkan kurikulum dengan fokus penyampaian materi berupa `mind mapping` yang lebih jelas, memotivasi mahasiswa, dan menekankan pada proses pembelajaran," katanya.

Selain itu, juga menyelenggarakan kegiatan pembelajaran unggulan Community and Family Health Care with Inter-Professional Education (CFHC-IPE).

"Program itu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal masyarakat dan melakukan kolaborasi interprofesional," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, mahasiswa berkelompok antarprofesi seperti dokter, perawat, dan ahli gizi untuk mempelajari dan mengampu keluarga binaan di bawah satu dosen pembimbing. "Sampai sekarang ada 504 mahasiswa kedokteran, keperawatan, dan gizi mengikuti program tersebut," katanya.

(B015)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024