Koperasi Pantai Depok targetkan simpan-pinjam Rp200 juta

id ikan

Koperasi Pantai Depok targetkan simpan-pinjam Rp200 juta

Pasar Ikan (Foto Antara)

Bantul, (Antara Jogja) - Koperasi Mina Bahari Pantai Depok, Desa Parangritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tahun ini menargetkan dana di Unit Simpan Pinjam yang dihimpun dan disalurkan ke anggota sebesar Rp200 juta.

"Tahun ini kami rencanakan Unit Simpan Pinjam (USP) sebesar Rp200 juta, meningkat dibanding tahun lalu (2014) yang terealisasi Rp188 juta dari yang ditargetkan Rp150 juta," kata Ketua II Koperasi Mina Bahari Pantai Depok Sudarto, Minggu.

Menurut dia, untuk mewujudkan dana simpan pinjam tersebut diupayakan dengan menambah jumlah anggota koperasi termasuk mengoptimalkan kegiatan di berbagai unit usaha yang berada di bawah naungannya.

"Saat ini koperasi memiliki anggota sebanyak 772 orang yang terdiri dari nelayan, petani, pedagang dan masyarakat pesisir setempat. Tahun ini kami membuka anggota, koperasi memang tidak setiap tahun buka anggota," katanya.

Sementara itu, menurut dia, berbagai kegiatan usaha yang dikelola koperasi diantaranya pengelolaan parkir, operasional pabrik es bantuan pemerintah, warung serb ada, retribusi ikan dari nelayan luar dan sewa pasar.

"Kontribusi ke koperasi terbesar ada di simpan pinjam, kemudian disusul pendapatan retribusi parkir yang sebesar Rp115 juta (tahun 2014). Dana itu digunakn untuk pengembangan infrastruktur sekitar 50 persen," kata Sudarto.

Meski demikian, kata dia, pihaknya mengakui dalam mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola unit usaha terkendala dengan kurangnya kesadaran masya dan anggota untuk sepenuhnya menjaga dan memajukan daerah wisata.

Sementara itu, kata dia, dalam rangka meningkatkan daya tarik wisata di Bantul ini, pihaknya berencana membangun kolam renang yang dilengkapi dengan fasilitas kolam tumpah atau `water byur` dengan dana pendampingan dari pemerintah.

"Direncanakan ada dua kolam renang untuk dewasa dan anak-anak dengan ukuran 16 x 25 meter dengan kedalaman 130 cm dan berbentuk lingkar dengan ukuran 6 x 14 meter dengan kedalaman 50 cm," katanya.***1***

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024