Indonesia tuan rumah ASEAN Youth Fair 2015

id industri

Indonesia tuan rumah ASEAN Youth Fair 2015

ilustrasi industri kreatif (Foto antaranews.com)

Jakarta (Antara Jogja) - Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Youth Creative Industry Fair 2015 yang terdiri atas berbagai rangkaian acara yang digelar pada Februari hingga Juni 2015 di Jakarta.

Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya menjadi salah satu pendukung bagi penyelenggaraan acara itu.

"ASEAN Youth Creative Industry Fair (AYCIF) 2015 adalah bentuk kerja sama dari Japan ASEAN Integration Fund (JAIF), ASEAN, Kementerian Koperasi dan UKM RI dan UKM Center FEUI," katanya.

Melalui acara itu akan dihadirkan anak muda wirausaha yang bergerak di bidang industri kreatif dari negara-negara anggota ASEAN dan Jepang untuk berdiskusi, berjejaring, dan memamerkan karya dan produknya kepada khalayak ramai.

Ia berharap kegiatan itu mampu mendorong perkembangan dan sinergi wirausaha muda kreatif di negara-negara anggota ASEAN dan juga Jepang.

AYCIF 2015 sendiri akan mengetengahkan beberapa kegiatan, yaitu kompetisi, exhibition, seminar dan workshop, serta creative bazaar.

Project Director AYCIF 2015 Gilang Ageng mengatakan untuk acara kompetisi akan dibuka mulai 24 Februari - 31 Mei 2015 dan dibagi dalam 4 sub-sektor industri kreatif yaitu fashion, desain produk dan kerajinan tangan, games dan aplikasi, serta film dan animasi.

"Sesi penjurian ini akan dilaksanakan pada Juni 2015 untuk menentukan maksimal 17 finalis dari masing-masing sub-sektor untuk diundang ke Jakarta pada AYCIF 2015," katanya.

Ia menambahkan pada acara puncak yang akan diselenggarakan pada 29-30 Agustus di Kawasan Kota Tua Jakarta, AYCIF 2015 akan menghadirkan exhibition yang mengetengahkan kreasi dari finalis kompetisi AYCIF.

"Pada acara ini akan dipamerkan karya terbaik dari wirausaha muda kreatif ASEAN. Menyesuaikan karakter dari masing-masing sub-sektor, kegiatan ini akan menampilkan fashion show, games trial, movie screening, dan craft display," katanya.

Dalam rangkaian AYCIF juga akan diundang praktisi bisnis, ahli dan pengamat dari masing-masing sub-sektor dari seluruh ASEAN untuk berbagi ilmu dan pengetahuan mereka dalam industri kreatif kepada generasi muda wirausaha kreatif di ASEAN melalui Seminar (yang akan diselenggarakan pada masing-masing sub-sektor) dan workshop umum.

Selain itu AYCIF 2015 juga akan menghadirkan bazaar yang akan diisi oleh pelaku industri kreatif lain di ASEAN.

"Seluruh rangkaian acara kegiatan ini akan diluncurkan pada 24 Februari 2015 di Epiwalk Kuningan, Jakarta," kata Gilang Ageng.

H016
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024