Sejumlah pohon tumbang akibat angin kencang

id angin kencang

Sejumlah pohon tumbang akibat angin kencang

Ilustrasi (dok istimewa)

"Pohon tumbang terjadi di beberapa lokasi, setidaknya ada di lebih dari lima tempat. Namun, semuanya langsung bisa dikondisikan," kata Kepala BPBD Kota Yogyakarta Agus Winarto
Yogyakarta, (Antara Jogja) - Hujan deras disertai angin kencang yang bertiup di Yogyakarta dan kabupaten sekitarnya pada Sabtu (14/2) sore menyebabkan sejumlah pohon tumbang, rata-rata berdiameter 30 centimeter.

"Pohon tumbang terjadi di beberapa lokasi, setidaknya ada di lebih dari lima tempat. Namun, semuanya langsung bisa dikondisikan. Kami terus mendata karena dimungkinkan ada pohon tumbang di tempat lain," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Agus Winarto di Yogyakarta, Sabtu.

Pohon tumbang yang terjadi di Jalan Kusumanegara sempat membuat lalu lintas di jalan tersebut macet. Pohon yang tumbang di depan stasiun pengisian bahan bakar umum itu menutup hampir seluruh badan jalan sehingga tidak ada kendaraan roda empat yang bisa lewat.

"Tidak ada korban dalam kejadian itu, dan petugas sudah langsung diturunkan untuk memotong pohon sehingga tidak menghalangi jalan," tuturnya.

Pohon tumbang juga terjadi di Mrican Giwangan Kecamatan Umbulharjo. Pohon dengan diameter sekitar 90 centimeter itu roboh dan menimpa sebuah indekos dan bengkel. Di lokasi itu tidak ada korban jiwa.

Selain itu, pohon tumbang juga terjadi di depan Taman Pintar, di dekat RS Jogja, Jalan Margo Utomo, depan SPBU Gambiran dan di SD Sayidan. "Seluruhnya bisa langsung ditangani," tukasnya.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) puncak musim hujan di DIY terjadi pada pertengahan hingga akhir Februari.

BPBD Kota Yogyakarta, lanjut dia, akan terus berada dalam kondisi siaga bencana musim hujan hingga Maret, karena dimungkinkan masih ada potensi bencana lainnya yang terjadi menjelang pergantian musim dari musim hujan ke kemarau.

Potensi bencana tersebut di antaranya banjir, luapan air sungai, dan tanah longsor, sedangkan menjelang pergantian musim dimungkinkan muncul angin kencang.

BPBD Kota Yogyakarta telah menyiapkan satu petugas dari tim reaksi cepat di tiap kecamatan yang bertanggung jawab terhadap seluruh informasi mengenai bencana di wilayahnya.

BPBD Kota Yogyakarta juga berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta untuk menggencarkan kegiatan pemangkasan pohon, terutama pohon yang dideteksi rawan tumbang.

"Pohon beringin adalah pohon yang rawan tumbang. Setiap tahun, ada saja pohon beringin yang tumbang saat musim hujan sehingga hal ini perlu diantisipasi sejak dini," ujarnya.

Berdasarkan catatan BLH Kota Yogyakarta, ada sekitar 70 pohon di Kota Yogyakarta yang rawan tumbang. Lokasinya tersebar di beberapa wilayah dengan jenis pohon yang beragam seperti beringin, waru, dan asem kranji.
***4***

 (T.E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024