Dinas Kebudayaan tingkatkan kompetensi petugas museum

id museum

Dinas Kebudayaan tingkatkan kompetensi petugas museum

Ilustrasi (Foto Istimewa)

Jogja (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta akan meningkatkan kompetensi petugas museum di daerah itu melalui agenda pelatihan khusus.

"Peningkatan kompetensi, khususnya untuk SDM museum swasta bertujuan agar museum semakin diminati wisatawan," kata Kepala Seksi Museum pada Dinas Kebudayaan DIY Wisnu Wardana di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, pada dasarnya hampir sebagian besar museum telah memberi pelatihan singkat, namun masih belum cukup karena sebagian besar SDM museum swasta belum memiliki keahlian khusus terkait pengelolaan museum.
"Memang untuk museum swasta masih ada yang belum bisa merekrut SDM sesuai dengan kompetensinya," kata dia.

Selain itu, disebabkan keterbatasan tenaga, di sebagian museum swasta pemilik atau direkturnya ada yang merangkap sebagai pengelola koleksi.

Oleh sebab itu, pihaknya akan menggencarkan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM pengelola museum, mencakup metode perawatan koleksi kayu, logam, serta kertas kuno. "Serta memberikan kesempatan mereka untuk mengunjungi museum di wilayah lain," kata dia.

Ketua II Badan Musyawarah Museum (Barahmus) DIY Donny S Megananda membenarkan ihwal masih banyak museum swasta yang belum memiliki tenaga yang memadai, sehingga sedikit mendapatkan kunjungan wisatawan.
"Biasanya yang sering mendapat penataran museum negeri," kata dia.

(L007)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024