Bantul berencana bentuk badan promosi pariwisata

id promosi pariwisata

Bantul berencana bentuk badan promosi pariwisata

Kabupaten Bantul (istimewa)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana membentuk badan promosi pariwisata daerah untuk mengoptimalkan promosi potensi wisata di wilayah itu.

"Pembentukan badan promosi pariwisata sesuai dengan amanat dalam Undang-Undang Kepariwisataan, dan rencana pembentukannya sudah digaungkan sejak lama, kami juga sudah ada kerangkanya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul Bambang Legowo di Bantul, Jumat.

Menurut dia, badan promosi pariwisata ini ditargetkan dapat terbentuk dan efektif menjalankan tugas pada 2016 sehingga diharapkan bisa ikut membantu mempromosikan objek-objek wisata di Bantul secara luas baik dalam maupun luar daerah hingga mancanegara.

"Arahnya (pembentukan) sudah ada, namun untuk saat ini kami masih menguatkan teman-teman stakholder bidang kepariwisataan di daerah, karena nantinya banyak stakeholder yang akan masuk ke sana, saat ini lebih baik bekerja dulu dari pada buat badan," katanya.

Ia mengatakan, beberapa stakeholder kepariwisataan yang akan terlibat dalam badan promosi pariwisata di antaranya Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), paguyuban hotel dan restoran, serta duta wisata atau para dimas-diajeng Bantul.

"Di DIY yang sudah mempunyai badan promosi pariwisata di Sleman, kami akui pembentukan badan promosi tidak segampang itu, atau membentuk terus jadi, namun kami harus belajar dari daerah lain dan membenahi kinerja organisasi dulu," katanya.

Berkaitan dengan hal itu, kata dia, sambil mempersiapkan pembentukan badan promosi pariwisata, pihaknya juga intens melakukan koordinasi dengan stakholder terkait termasuk menyiapkan program dan potensi wisata yang akan dipromosikan nantinya.

Sementara itu, Kepala Bidang Promosi dan Kemitraan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bantul, Walkodri mengatakan, dalam rangka mempersiapkan pembentukan badan promosi pariwisata daerah ini, Pemkab juga sudah membentuk dan melantik pengurus organisasi Ikatan Duta Wisata Bantul.

"Ini (pelantikan pengurus) sebagai bagian dari terbentuknya badan promosi pariwisata daerah, karena untuk komponen lain misalnya himpunan pramuwisata, Paguyuban Hotel dan Restoran Bantul (PHRB) sudah ada, tinggal nanti memformalkan PHRB menjadi PHRI," katanya.
(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024