Pemkab Bantul dukung penyelengaraan festival gerobak sapi

id festival gerobak sapi

Pemkab Bantul dukung penyelengaraan festival gerobak sapi

Festival Gerobag sapi, ilustrasi (Foto: jogja.antaranews.com)

Bantul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendukung penyelenggaraan Festival Gerobak Sapi yang rencanannya akan digelar di Stadion Sultan Agung Bantul, pada 22-23 Agustus 2015.

"Kami akan memberikan dukungan penuh, hanya saja, pada penyelenggaraan nanti saya sudah purna tugas sehingga kemungkinan dukungan akan diteruskan pelaksana tugas," kata Bupati Bantul Sri Surya Widati saat menerima kunjungan Ketua Panitia festival gerobak sapi, Danang Wibowo di Bantul, Rabu.

Bupati Bantul yang akan habis masa jabatannya pada 27 Juli 2015 ini juga mengaku tersanjung dengan dipilihnya Kabupaten Bantul sebagai tempat digelarnya festival setelah sebelumnya sukses digelar dua kali di Kabupaten Sleman, DIY.

Menurut dia, agar festival gerobak sapi nantinya bisa berjalan lancar pihaknya meminta panitia melibatkan dinas terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk promosi pariwisata, Dinas Perhubungan (Dishub) untuk kelancaran lalu-lintas.

Selanjutnya melibatkan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk mengatasi sampah, Dinas Perizinan terkait izin acara, Satuan Polisi Paming Praja (Satpol PP) untuk keamanan serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk penyediaan toilet umum.

"Nanti penyelenggaraan kami berikan diskon, karena kalau digratiskan khawatir menjadi catatan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)," kata Bu Ida sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Gerobak Sapi, Danang Wibowo mengatakan, festival yang akan digelar tahun ini merupkan festival ketiga, dan akan dimeriahkan beberapa kegiatan di antaranya karnaval gerobak, balapan gerobak hingga lomba kostum gerobak, juga lomba foto profesional.

Menurut dia, rencana awal festival ketiga ini akan digelar di Kabupaten Kulonprogo, DIY, namun dengan berbagai pertimbangan, pihaknya kemudian memilih Bantul sebagai lokasi festival.

"Apalagi Bantul juga sudah punya paguyuban gerobak sapi. Ngarso Dalem (Gubernur DIY Sri Sultan HB X) juga sudah setuju dengan pemilihan lokasi di Bantul, bahkan mendukung penuh acara ini," kata Danang.

Ia mengatakan, pada festival kedua lalu, sedikitnya ada sekitar 400 gerobak lengkap dengan kusir yang ikut memeriahkan acara, sehinga diiharapkan, festival ketiga di Bantul ini bisa menarik perhatian peserta lebih banyak dari sebelumnya.

"Mereka (peserta) datang dari DIY, Klaten, Magelang, Wonosobo, Blora bahkan Surabaya dengan menggunakan truk, sementara lomba foto `selfie` tahun lalu diikuti 165 peserta. Ini membuktikan bahwa antusiasme masyarakat dalam menyambut Festival Gerobak Sapi sangat baik," katanya.

Pihaknya berharap, acara bisa mendapat dukungan dari Bupati Bantul mulai dari sewa tempat, perizinan hingga kebersihan setelah acara, pihaknya juga menyiapkan ruang pentas untuk kesenian Bantul guna memberikan hiburan bagi para peserta. 
(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024