David Sitanala incar gelar di dua kejuaraan

id david sitanala

David Sitanala incar gelar di dua kejuaraan

David Sitanala (Foto Istimewa)

Jakarta (Antara Jogja) - Pegokart muda David Sitanala membidik dua gelar sekaligus pada kejuaraan yang berbeda yaitu Kejurnas Karting Indonesia 2015 dan kejuaraan Asia Rotax Invitational Race 2015 meski tahun ini baru naik ke kelas senior.

Demi memenuhi target, pegokart berusia 15 tahun ini mendapatkan dukungan dari dua tim sekaligus yaitu Nizra Motorsport untuk level internasional dan Go Motorsport untuk level nasional.

"Dari dua kejuaraan itu saya akan turun di 10 seri. Enam seri di Asia Rotax Invitational Race dan empat seri kejurnas. Semuanya turun di kelas senior," kata David Sitanala di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, perjuangan untuk mengarungi kejuaraan kelas senior 2015 dipastikan akan berat. Selain baru naik kelas dari junior dipastikan akan mendapatkan saingan dari pegokart-pegokart senior yang sudah berpengalaman baik level nasional maupun internasional.

Saingan yang pantas diwaspadai hampir semuanya berasal dari Indonesia diantaranya adalah Julio Prost, Silvano Christian, pegokart senior Zahir Ali bahkan dari pegokart perempuan Indonesia yang baru naik daun, Kezia Santoso. Selain itu ada Eric Louis dari Malaysia maupun Julien Fong dari Singapura.

Meski demikian, pegokart asal Maluku ini mengaku sudah siap untuk bersaing. Bahkan, kemampuannya sudah terbukti pada seri pertama Asia Rotax Invitational Race 2015 di Sepang International Karting Malaysia, Minggu (25/1) dengan meraih juara pertama.

"Hasil diseri pertama melebihi target. Padahal pada kejuaraan pertama dikelas senior saya hanya ditargetkan finis kelima atau tiga besar," kata David Sitanala.

Pegokart yang pernah mewakili Indonesia pada kejuaraan dunia di Spanyol tahun lalu itu menegaskan, dengan modal yang bagus diawal seri pihaknya akan terus berusaha mempertahankannya yang salah satunya dengan mempersiapkan fisiknya dengan baik.

"Memang saya belum boleh mengangkat beban. Tapi oleh trainner saya sudah disiapkan program khusus untuk ketahanan fisik yang lebih dibandingkan saat di kelas junior. Jika biasanya lari 30 menit sekarang ditambah menjadi satu jama," katanya.

Sementara itu, pemilik tim Nizra Motorsport, Mohammad Rohairijaz mengaku David Sitanala adalah pebalap yang mempunyai talenta tinggi sehingga pihaknya tertarik untuk memberikan dukungan terutama dilevel internasional.

"David merupakan pebalap yang bertalenta. Mesin bagus kalau tidak didukung dengan pebalap yang bagus hasilnya belum tentu bagus. Kami yakin David akan terus berkembang," katanya saat mendampingi David di Jakarta.

(B016)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024