DPU Bantul akan perbaiki jembatan Sedayu ambrol

id dpu bantul akan

DPU Bantul akan perbaiki jembatan Sedayu ambrol

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan memperbaiki jembatan di wilayah Kecamatan Sedayu yang ambrol beberapa waktu lalu agar bisa difungsikan kembali sebagai akses jalan masyarakat sekitar.

"Perbaikan jembatan di Sedayu masuk program dinas tahun ini, kalau kemarin (sebelum ambrol) konstruksinya hanya pakai batu-bata saja, nanti kami gunakan beton agar lebih kuat," kata Kepala Bidang (Kabid) Jalan Dinas PU Bantul, Budi Sarjono, Minggu.

Menurut dia, perbaikan jembatan ambrol di Sedayu tersebut memang menjadi prioritas untuk direalisasikan tahun ini, karena sering dikeluhkan masyarakat yang biasa melewati jalan penguhubung antardesa tersebut.

"Anggaran untuk perbaikan jembatan di Sedayu itu sekitar Rp595 juta. Dananya bisa diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," kata Budi Sarjono.

Selain jembatan di Sedayu, kata dia ada pekerjaan perbaikan jembatan di wilayah Kecamatan Pundong, karena dilaporkan bergeser sehingga bisa membahayakan, hanya saja perbaikannya tidak ditangani Pemkab Bantul karena butuh anggaran besar.

"Kalau untuk jembatan Pundong yang bergeser, perbaikannya akan kami usulkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, karena dengan panjang 125 meter, perbaikan jembatan itu butuh dana sangat besar, dan Bantul dananya terbatas," katanya.

Ia mengatakan, sementara untuk pekerjaan fisik yang mulai dikerjakan, yaitu perbaikan gorong-gorong di Sonosewu Kasihan yang amblong dengan ukuran sembilan kali satu meter, kemudian tebing longsor di Munthuk Dlingo dengan tinggi sepuluh meter lebar lima meter.

"Perbaikan talud hanya butuh waktu sekitar 20 hari sejak awal pengerjaan, sementara gorong-gorong bisa sampai dua bulan, karena tidak bisa sekaligus, melainkan separo dulu, kalau sudah selesai baru sisanya," katanya.

Ia mengatakan, untuk perbaikan gorong-gorong dan talud yang rusak tersebut, dananya menggunakan pos anggaran pemeliharaan jalan, dan tahun ini Pemkab Bantul mengalokasikan anggaran sebesar Rp3 miliar.(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Heru Jarot Cahyono
COPYRIGHT © ANTARA 2024