Praktisi: peran pokdarwis perlu ditingkatkan

id pokdarwis

Praktisi: peran pokdarwis perlu ditingkatkan

Desa Wisata Gamplong (Foto jogja.antaranews.com)

Jogja (Antara Jogja) - Praktisi pariwisata dan budaya Widi Utaminingsih mengatakan peran kelompok sadar wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta perlu ditingkatkan dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan objek wisata.

"Peran kelompok sadar wisata (pokdarwis) selain bisa membantu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, juga membantu peningkatan kesejahteraan warga di sekitar objek wisata," katanya di Yogyakarta, Minggu.

Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta itu mengatakan pokdarwis harus memiliki kemandirian secara kelembagaan sehingga diharapkan mampu memajukan dan mengembangkan objek wisata di wilayahnya tersebut.

"Pokdarwis sebagai bagian dari masyarakat di lingkungan objek wisata merupakan penggerak utama kebijakan pengembangan pariwisata di wilayahnya, memang belum mampu membantu meningkatkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar objek wisata," kata Widi Utaminingsih yang yayasannya bergerak dalam bidang studi pengembangan pariwisata dan budaya berbasis potensi lokal itu.

Menurut dia, kondisi seperti ini harus secepatnya diantisipasi, antara lain dengan solusi memperbanyak jejaring dengan pelaku pariwisata sehingga potensi objek wisata, termasuk desa wisata maupun desa budaya mampu memberikan kesejahteraan bagi warga setempat. "Selain itu, perlu mendorong peran pokdarwis di tiap objek wisata," kata Widi Utaminingsih.

Ia mengatakan, dalam upaya meningkatkan peran pokdarwis, instansi terkait, khususnya Dinas Pariwisata memberikan perlu pelatihan untuk peningkatan anggota kelompok sadar wisata.

Selain itu, katanya, perlu adanya gerakan yang lebih sistematis dan berlanjut untuk membangun kelembagaan pokdarwis yang lebih maju. Karena tantangan ke depan kelembagaan pokdarwis harus bisa memberi kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Aktivitas pariwisata harus berdampak pada kegiatan ekonomi yang bermuara pada kesejahteraan warga sekitar objek wisata," kata Widi Utaminingsih.

(H008)
Pewarta :
Editor: Masduki Attamami
COPYRIGHT © ANTARA 2024